ads
ads

BAHASA TUBUH SISWA YANG HARUS DICERMATI

BAHASA TUBUH SISWA YANG HARUS DICERMATI

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bahasa tubuh atau yang disebut dengan body language sebenarnya adalah 80 % bentuk komunikasi. Jadi bahasa tubuh memang memiliki arti, namun tidak semua orang bisa memahaminya.
Jika siswa anda suka memandang bukunya atau memandang ke meja jika anda ajak bicara, hal itu merupakan bentuk bahasa tubuh. Hal tersebut memiliki makna tersendiri yang mesti anda cermati. Berikut ada empat bahasa tubuh yang mesti anda cermati demi kemajuan proses pembelajaran.
a.    Memandang Buku
Ketika anda mengajak bicara salah satu siswa, tetapi dia malah memperhatikan buku, bajunya, atau malah bentuk lantai. Anda pasti berfikir, dia tidak peduli dengan apa yang aku katakan. Mungkin benar, tetapi mungkin juga salah jika orang tersebut masih sekali-kali melakukan kontak mata, mengangguk, dan memiringkan kepalanya agar bisa mendengar anda dengan lebih baik. Sebab beberapa orang menganggap mendengar pembicaraan dan memeriksa buku adalah tugas ganda yang bisa dilakukan bersamaan.
b.    Posisi Defensif
Siswa yang menyilangkan tangannya di dada atau malah berkacak pinggang menunjukkan posisi defensif.
Posisi ini biasanya dilakukan jika siswa merasa dikritik, diserang, atau ditipu. Jadi jangan sampai lepas kontrol dan posisi seperti ini jika anda tidak benar-benar terpojok. Atau jika siswa anda melakukannya, sebaliknya anda mulai mengatur setrategi menyeimbangkan situasi.
c.    Memutar Bola Mata
Perasaan negatif yang muncul ketika telah mengajar memang normal dialami. Merasa sedikit tertekan pun akan membuat anda sedikit-sedikit mencibir, merajuk, atau memutar bola mata. Cara mengatasinya Cuma satu, sebaliknya anda melakukan refreshing ringan agar tidak memberi dampak buruk pada siswa-siswi anda. Sebab melalui bahasa tubuh, sebenarnya anda sedang berusaha berkata, “ keluarkan aku dari situasi ini.”
d.    Penguasa Tempat Duduk
Anda mungkin pernah menyadari ada siswa yang suka menghabiskan banyak tempat untuk duduk atau meletakkan barang di meja siswa lainnya. Bahasa tubuh ini seolah memperlihatkan adanya tanda ketidakpekaan siswa akan area pribadi siswa lain. Selain itu siswa lain mungkin merasa tidak dihormati dan terintimidasi.
0 Komentar untuk "BAHASA TUBUH SISWA YANG HARUS DICERMATI"

Back To Top