ads
ads

Tanda-tanda Hari Kiamat ( Materi Aqidah Akhlak kelas 7)

Tanda – tanda Hari Akhir

Hari kiamat itu pasti datang, situasi menjelang kedatangannya banyak sekali kejadian yang mana manusia belum pernah mengenalnya. Pada waktu itu akan terjadi berbagai perubahan yang sangat besar yang belum pernah terjadi atau dilihat manusia. Di antara tanda-tandanya adalah sebagaimana dikemukakan di bawah ini :
1.    Keluarnya Dabbah di Muka Bumi
Sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Naml ayat 82.
۞وَإِذَا وَقَعَ ٱلۡقَوۡلُ عَلَيۡهِمۡ أَخۡرَجۡنَا لَهُمۡ دَآبَّةٗ مِّنَ ٱلۡأَرۡضِ تُكَلِّمُهُمۡ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُواْ بِ‍َٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ ٨٢
“ Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Dari ayat tersebut jelaslah suatu pemberitahuan tentang akan keluarnya suatu binatang yang akan dapat berbicara kepada manusia, yaitu di saat akan tibanya hari kiamat.
2.    Munculnya Dajjal
Dajjal mempunyai tanda, di mana nampak di antara kedua matanya ditulis kafir dan tulisan itu dapat dibaca oleh semua orang. Di dalam suatu hadits diterangkan bahwa “ Dari Qatadah, telah menceritakan kepada kami Anas Ibnu Malik bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : Dajjal itu di antara dua matanya ditulis dengan huruf kaffa dan ra yankni kafir (H.R. Muslim) selanjutnya ia termasuk seorang manusia luar biasa yang mempunyai banyak kemampuan dan keistimewaan untuk menyesatkan manusia.
3.    Turunnya Nabi Isa as.
Firman Allah dalam QS. An-Nisa ayat 158-159:
بَل رَّفَعَهُ ٱللَّهُ إِلَيۡهِۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمٗا ١٥٨ وَإِن مِّنۡ أَهۡلِ ٱلۡكِتَٰبِ إِلَّا لَيُؤۡمِنَنَّ بِهِۦ قَبۡلَ مَوۡتِهِۦۖ وَيَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ يَكُونُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيدٗا ١٥٩
“ Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.”

Dalam ayat di atas diterangkan bahwa Nabi Isa as telah diangkat oleh Allah ke langit (bukan mati disalib) dan dihari menjelang kiamat nanti akan turun ke bumi, tidak lain adalah untuk membunuh Dajjal, dimana kelak semua agama akan menjadi satu, yaitu agama Islam agama Ibrahim as. diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dai Juwairiyah bin Basyir ia berkata : Aku mendengar seorang bertanya kepada Al-Hasan dan beliau menjawab, yang dimaksud dengan sebelum matinya, Nabi Isa as kelak ia dibangkitkan kembali oleh Allah dan diberinya kedudukan yang diterima oleh yang saleh maupun fasik. Demikian pula pendapat Qatadah dan Abd al-Rahman bin Aid.
Juga Ibu Abbas berkata tentang ayat di atas, menurut riwayat Sufyan Al-Tsauri, “ Tidak seorang Yahudi mati sebelum ia beriman kepada Isa as dan jika ia dipancung dengan pedang akan mengucapkan iman itu sebelum mati, demikian pula jika ia terjatuh dari pohon, maka ia akan mengucapkan iman sebelum berada di awan”.
4.    Terbitnya Mata hari dari Sebelah Barat
Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dikatakan sebagai berikut : “ Dari Abdullah Ibnu Umar berkata: Dan Aku hafal dari Rasul Allah SAW.  Sebuah hadits dan aku tak lupa setelah itu. Tanda-tanda dari kiamat yang dahulu sekali akan terbitnya matahari dari sebelah Barat dan keluarnya binatang itu atas manusia di tengah hari.” (H.R. Muslim).
Berdasarkan hadits di atas, nanti pada hari menjelang kiamat, matahari terbit dari sebelah Barat.
5.    Munculnya Y’juj dan Ma’juj
Dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhori dikatakan sebagai berikut : “ Dari Zainab putrinya Jahin, sesungguhnya Rasulullah SAW masuk padanya sutu hari dengan keadaan tertegun sambil bersabda : Tidak ada Tuhan selain Allah dan celaka bagi orang Arab dari kejahatan yang telah dekat dibukunya hari itu dinding Ya’juj dan Ma’juj yang diumpamakan oleh Rasululloh saw dengan menunjukkan lingkaran ibu ari dan telunjul, berkata Zainab Ibnu Jahin, maka aku bertanya pada Rasululloh saw, apabila kita dirusakkan, sedangkan di antara kita  termasuk orang yang Saleh ? Rasululloh menjawab: Ya ketika itu banyak kejahatan:. (HR. Bukhori).
Berdasarkan hadits tersebut, nanti menjelang hari kiamat makhluk itu dimungkinkan akan keluar, sebagaimana diterangkan di atas bahwa ia suka mengganggu manusia dan hal semacam itu memang sudah menjadi pekerjaannya. Sampai sekarang kita tidak dapat melihat makhluk itu.
0 Komentar untuk "Tanda-tanda Hari Kiamat ( Materi Aqidah Akhlak kelas 7) "

Back To Top