ads
ads

Contoh Proposal Sekripsi Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode Visual


A.    Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia merupakan suatu modal kemajuan suatu bangsa, modal intelektual, sosial dan kepercayaan merupakan alat untuk menunjang kesejahteraan, dengan demikian tuntutan untuk terus menerus memutahirkan ilmu pengetahuan terutama matematika menjadi suatu keharusan.
Matematika berkenan dengan ide-ide abstrak berupa simbol-simbol yang tersusun secara hierarkis dan penalarannya deduktif, sehingga belajar matematika merupakan kegiatan mental yang tinggi.Oleh karena itu sebelum memanupilasi simbol-simbol itu, matematika harus dipahami terlebih dahulu. Hal ini sejajar dengan pendapat Ruseffendi (1992 ; 139) bahwa setiap konsep abstrak dalam matematika yang baru dipahami siswa, perlu segera diberikan penguatan supaya mengendap, melekat dan tahan lama tertanam, sehingga menjadi miliknya dalam pola pikir maupun pola tindakannya.
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kurang digemari karena dianggap sukar. Matematika dianggap sukar, karena dalam proses pembelajaran matematika tidak bisa dipahami hanya dengan membaca materi atau hanya mendengarkan penjelasan dari guru semata, tetapi harus disertai dengan latihan soal yang terus menerus. Hal ini menyebabkan peserta didik malas jika harus belajar matematika, padahal matematika memegang peranan penting dalam dalam kehidupan sehari-hari.
Mengingat begitu pentingnya matematika perlu adanya upaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena pembelajaran berhasil ditunjukan dengan dikuasainya materi pelajaran oleh peserta didik. Nana Sujana (1987 : 34-35) mengemukakan untuk mengetahui hasil belajar harus ditentukan terlebih dahulu kriterianya. Kriteria bisa diambil dari proses belajar dan hasil belajar. Kriteria dari proses belajar adalah interaksi yang dinamis sehingga peserta didik mampu mengembangkan potensinya melalui belajar sendiri dan tujuan yang telah ditetapkan tercapai secara efektif. Sedangkan kriteria dari hasil belajar adalah tingkat penguasan tujuan oleh peserta didik dari segi kualitas atau kuantitasnya.
Untuk mengetahui hasil belajar, menurut Bloom (1956) perlu adanya evaluasi.Evaluasi harus dilakukan secara teliti dan objektif terhadap hasil belajar peserta didik sehingga dapat dijadikan alat untuk mengecek kemampuan peserta didik dalam belajar.Berdasarkan data hasil evaluasi pada tahun pelajaran 2009 – 2010 yang dilaksanakan di kelas II SD Kahuripan 4 pada pembelajaran konsep perkalian menunjukan rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap konsep perkalian tersebut.Nilai Rata-rata tes formatif peserta didik kurang dari 60.Nilai rata-rata ini menunjukan bahwa pemahaman peserta didik pada konsep perkalian masih kurang.
Mengetahui permasalahan yang dialami seperti tersebut diatas, diupayakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada konsep perkalian.Untuk itu dipikirkan dan dianalisis berbagai kemungkinan sebagai penyebab rendahnya kualitas pembelajaran matematikan selama ini.
Dari hasil analisis referensi diketahui, penyebab rendahnya penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran adalah kurangnya penggunaan metode visual dalam pembelajaran matematika, sehingga pembelajaran kurang bermakna dan sulit dipahami peserta didik.Pembelajaran menjadi pasif, proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materi pembelajaran, sehingga konsep yang diajarkan tidak dapat diingat lama oleh peserta didik.
Latar belakang diatas mendorong untuk diadakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode  Visual.”

B.    Identifikasi dan Perumusan Masalah
1.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dapat di identifikasi sebagai berikut :
a.    Peserta didik kurang memahami konsep perkalian
b.    Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran
c.    Kurangnya penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika.
d.    Kurangnya komunikasi antara guru dengan peserta didik dalam pembelajaran.
2.    Rumusan Masalah
Sesuai dengan uraian diatas, maka permasalahan secara tertulis  dapatdirumuskan sebagai berikut :
a.    Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metide visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4?
b.    Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4?
c.    Bagaimana tingkat pemahaman peserta didik tentang konsep perkalian dengan menggunakan metode visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4  ?
C.    Cara Pemecahkan Masalah
Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan metode visual. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan hasil evaluasi peserta didik dalam pembelajaran matematika tentang konsep perkalian mendapatkan hasil yang memuaskan.
D.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
a.    Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4.
b.    Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4.
c.    Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik tentang konsep perkalian dengan menggunakan metode visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Kahuripan 4.
2.    Manfaat Penelitian
Dilaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat atau konstribusi sebagai berikut :
a.    Bagi Guru. Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dikelasnya.
b.    Bagi Peserta Didik. Sebagai bahan masukan bagi peserta didik untuk memanfaatkan metode visual sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman peserta didik.
c.    Bagi Sekolah. Dengan hasil penelitian ini diharapkan siswa kelas II SD Kahuripan 4 dapat lebih menigkatkan pemahaman tentang metode visual sebagai suatu metode untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik menjadi lebih baik.
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Sekripsi Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode Visual"

Back To Top