ads
ads

DZIKIR KEPADA ALLAH ADALAH PUNCAK IBADAH

DZIKIR KEPADA ALLAH ADALAH PUNCAK IBADAH

Memang benar, bahwa dzikir kepada Allah adalah puncak ibadah yang paling tinggi, sebab dzikir adalah tujuan setiap ibadah dan dzikir adalah penghubung abadi antara manusia dengan Tuhannya. Sesungguhnya Allah tidak menciptakan Jin dan manusia kecuali untuk beribadah. Inti ibadah adalah dzikir.
وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ ٥٦
“ Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”
Itulah sebabnya, Allah dan Rasul-Nya memerintah kita untuk secara kontinyu berdzikir kepada Allah.
 وَٱذۡكُرِ ٱسۡمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلۡ إِلَيۡهِ تَبۡتِيلٗا ٨
“ Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan.”
Perintah Dzat yang Maha Pemurah itu menjangkau hamba-hamba-Nya yang beriman.
فَٱذۡكُرُونِيٓ أَذۡكُرۡكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِي وَلَا تَكۡفُرُونِ ١٥٢
“ Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”
Dari Abu Hurairah Ra. sesugguhnya Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu riwayat dari Tuhan-Ny bahwa Allah berfirman; Aku sesuai dengan dugaan hamba-Ku keapada-Ku, jika ia ingat kepada-Ku dalam dirinya, Aku kepadanya dalam diri-Ku, jika ia ingat kepada-Ku sepenuh hati, Aku ingat kepadanya lebih baik dari pada itu. (H.R. Mutafaq Alaih).
“ Seorang laki-laki bertanya kepada Rasul, Ya Rasulullah, sesungguhnya syari’at Islam sudah menjadi tradisi dalam hidupku, coba kabarkanlah kepadaku sesuatu yang dengannya aku dapat selalu bergantung kepada-Mu, Rasul menjawab: Hendaklah lisanmu senantiasa basah dengan dzikir kepada Allah”.
Memang benar, itu adalah suatu informasi spiritual haq yang jelas dan bisa diterima mengenai penjelasan kedudukan dzikir baik dalam Al-Quran, maupun dalam hadits Nabi, sehingga Nabi SAW senantiasa berdoa kepada Allah agar Allah memberi pertolongan untuk dapat selalu bersyukur, berdzikir, dan beribadah keada-Nya dengan sebaik-baiknya.
0 Komentar untuk "DZIKIR KEPADA ALLAH ADALAH PUNCAK IBADAH"

Back To Top