ads
ads

Kompetensi Guru Profesional, WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD/MI MELALUI IMPLEMENTESI MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND CREATE (RADEC)

TERM OF REFERENCE
WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD/MI
MELALUI IMPLEMENTESI MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND CREATE (RADEC)


Abad 21 ini ditandai dengan derasnya arus infromasi. Informasi dari belahan dunia tidak dibendung. Siapapun dapat memperoleh informasi dengan mengakses internet. Siapa yang dapat menguasai dunia informasi, dialah yang akan mampu ‘mengusasi dunia’. Untuk ‘mengusai informasi’ maka diperlukan berbagai komptensi yang mumpuni.
Sosok manusia di abad 21 adalah manusia yang memiliki keterampilan tinggat tinggi (higer order competenci). Keterampilan tinggi ditandai dengan 4C; yaitu Communication, Critical thinking and Problem solving, Collaboration, danCreative Thinking.  Oleh karenanya, tugas guru semakin memiliki peran yang sangat penting.
Berbagai model pembelajaran inovatif sudah diciptakan ahli. Model itu dihadirkan dalam rangka membantu siswa agar memiliki berbagai keterampilan sebagai bagian dari tuntunan abad 21.
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan guru, dan sumber belajar. Interkasi akan berjalan dengan baik ketika guru membuat perlakuan dengan baik. Pembelajaran juga dimaknai sebagai proses pengkondisian berbagai hal, sehingga interkasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Dari sekian perlakuan dan pengkondisian yang harus disiapkan oleh guru adalah penyiapan model pembelajaran yang mampu menatang dan merangsang siswa untuk berpikir kreatif dan kritis, salah satunya Read-Answer-Discuss-Explain-and Create atau disingkat RADEC.

0 Komentar untuk "Kompetensi Guru Profesional, WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD/MI MELALUI IMPLEMENTESI MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND CREATE (RADEC)"

Back To Top