ads
ads

Makanan Cepat Saji dari Buah dan Sayuran ( Lengkap beserta tatacara atau Teknik Pengolahannya)

Makanan Cepat Saji dari Buah dan Sayuran ( Lengkap beserta tatacara atau Teknik Pengolahannya)


Pada dasarnya, teknik pengolahan makanan dan minuman cepat saji dari buah dan sayur sama seperti, merebus, menghaluskan, mencampur, dan menyaring/memeras. Namun ada teknik tambahan, yaitu mngukus, menumis, menggoreng, membakar/memanggang, dan tidak dimasak.
1.    Mengukus

Mengukus adalah memasak bahan makanan dengan uap air panas. Bahkan makanan diletakkan dalam suatu tempat, lalu uap air disalurkan di sekeliling bahan makanan  yang dikukus.
2.    Menumis
Menumis adalah cara memasak dengan memakai sedikit minyak goreng. Cara menumis adalah termasuk kegiatan memasak sayuran yang paling enteng, sederhana dan praktis, selain itu juga rasa masakan tetap lezat, enak gurih dan gizinya tidak akan hilang, karena itu dalam proses memasaknya tidak terlalu lama hanya sebentar saja, yaitu antara 3 s/d 8 menit saja.
Cara menumis yang baik sebagai berikut :
a.    Gunakan minyak goreng  antara 6%-11% dari bahan yang akan ditumis
b.    Panaskan wajan yang sudah berisi minyak hingga panas, yaitu suhu minyak sudah bisa dipakai untuk menumis.
c.    Keadaan  api harus dalamkeadaan sedang saat menumis.
d.   Cara Menumis , yaitu bumbu sampai harum, lalu masukan bahan yang waktu masaknya lebih lama dan yang terakhir adalah bahan yang  waktu masaknya sebentar.
e.  Tuangkan bahan cair seperti kaldu atau air setelah sayuran pokok telah ditumis semua. Bahan cair yang diberikan hendaknya sedikit saja..
f.    Sajikan hidangan tumis segera mungkin untuk menjaga kelezatan hidangan dan menghindari hidangan tumis menjadi layu dan berair.
3.    Menggoreng

Menggoreng adalah teknik memasak bahan makanan mentah menjadi makanan matang menggunakan minyak goreng. Gorenglah makanan dengan  minyak goreng secukupnya,  sehingga bahan yang digoreng tercelup minyak dan memerlukan waktu kira-kira 6-10 menit. Biasanya untuk menggoreng kerupuk dengan menggunakan medium pasir. Ada kegiatan menggoreng menggunakan medium udara panas. Biasanya seperti menggoreng kopi biji atau kacang tanah polong.
Tata cara menggoreng sebagai berikut :
a.    Wajan dalam keadaan bersih dan kering
b.    Panaskan wajan berisi minyak secukupnya, setelah panas masukkan bahan pangan
c.    Gorenglah makanan sehingga matang sesuai dengan yang diinginkan
d.    Setelah menggoreng, dinginkan minyak goreng, dan disaring kemudian disimpan dalam wadah yang tertutup.
4.    Membakar/Memanggang

Membakar adalah pemasakan makanan dengan api langsung, misalnya membakar sate. Pembakaran roti dilakukan tanpa minyak, namun diolesi mentega lalu dimasak di wajan.
5.    Tidak dimasak
Bahan pangan ada yang dapat dimakan mentah. Umumny buah dan sayuran dimakan tanpa dimasak.
0 Komentar untuk "Makanan Cepat Saji dari Buah dan Sayuran ( Lengkap beserta tatacara atau Teknik Pengolahannya)"

Back To Top