ads
ads

MEMBACA DAN MEMAHAMI GERAKAN TUBUH (GESTURE) SISWA

MEMBACA DAN MEMAHAMI GERAKAN TUBUH (GESTURE) SISWA


Jika kita sedang mengajar atau sedang berbicara dengan orang lain, kita selalu melakukan beberapa gerakan bahasa tubuh yang mempunyai arti dengan semua pembicaraan kita. Bahasa tubuh itu juga mengartikan sebuah bahasa yang kadang kita sendiri tidak sadar, dan bahasa tubuh itu juga bisa menentukan beberapa sisi dari pembawaan watak dan karakter si pembaca tersebut.
Di bawah ini merupakan beberapa pergerakan tubuh atai gesture yang bisa menentukan karakter orang tersebut.
a.    Membuka atau Menutup Telapak Tangan
Gerakan membuka telapak tangan seperti sedang akan menyajikan makanan mengindikasikan sosok yang terbuka. Jika kondisinya gerakan tangan ini dilakukan saat dalam suasana diskusi, artinya siswa tersebut terbuka dengan ide yang dituangkan dalam forum tersebut.
Sementara, jika posisi telapak tangan menghadap ke bawah atau mengepal tinju artinya siswa tersebut berada dalam posisi kuat. Pertanda lainnya adalah siswa tersebut tidak terlalu fleksibel.
b.    Memainkan Lengan Saat Bicara
Studi menunjukkan orang yang berbicara dengan gestur tertentu memiliki sifat enerjik, ramah, dan hangat. Sedangkan mereka yang bicara tanpa gestur cenderung terlihat sebagai sosok logis da senang menganalisa.
Gestur juga perlu dikontrol karena jika saat bicara anda menunjukkan gestur yang berlebihan dan terlalu bersemangat menunjukkan siswa anda tidak bisa dipercaya dan tak berdaya. Saat takut atau khawatir, sangat memungkinkan gestur siswa anda terlalu berlebihan. Gerakan yang tak perlu seperti ini biasanya ditemui dalam ujian lisan.
c.    Menyembunyikan tangan
Menyembunyikan tangan  dipangkuan, dalam kantong celana atau jaket, di belakang badan, menunjukkan gerakan ketidakjujuran atau kebohongan. Siswa anda sepertisedang menyembunyikan sesuatudari anda.
Siswa yang demikian berarti sedang memberitahukan anda tentang sesuatu hal, tetapi dengan gerakan menyembunyikan tangan, artinya ia tidak sedang memberikan sesuatu secara utuh, ada yang disembunyikannya.
d.    Mencungkil atau Menggigit Kuku
Saat sedang bicara, jika siswa anda bermain-main dengan kutikula di ujung jari atau kuku menandakan dia tidak percaya diri dan penakut. Siswa anda bisa mengatasi rasa minder dengan cara melipat tangan dengan jari telunjuk dilurskan ke arah siku. Gestur ini lebih menonjolkan kepercayaan diri.
e.    Tiba-tiba Sering Mencuri-curi Pandang, Baik dari Jauh maupun Dekat, dengang Wajah Seperti orang berpikir.
Dia sedang berpikir untuk mencoba untuk menyampaikan sesuatu dan mempertimbangkan kemungkinan respon anda. Dia mungkin berusaha minta izin keluar kelas lebih cepat dari biasanya. Perhatikan mejanya yang mulai dibersihkan secara perlahan dan sembunyi-sembunyi.
f.    Menjadi Lebih Ramah dan Banyak Bicara
Siswa anda sedang jatuh cinta dan berbahagia dengan hubungannya itu dan berusaha mengambil hati anda atau persetujuan anda mengenai pilihan  hatinya. Bisa jadi, dia sedang mencoba mengambil hati anda karena membtuhkan sesuatu atau bantuan dari anda.
g.    Mengambil jalan lain atau Mebelok ketika Berpaspasan dengan anda
Dia sedang mencoba menyembunyikan sesuatu yang sedang dibawanya atau dipakainya. Dia merasa takut apabila anda bertanya atau mengetahui dari mana atau ke mana tujuan perjalanan mereka.
h.    Kelihatan Gugup sehingga Gagap atau Salah Jawab Ketika Menjawab Pertanyaan
Dia sedang berusaha menutupi kejadian yang sesungguhnya atau berbohong keapada anda. Apabila untuk pertanyaan pertama jawaban yang diberikannya begitu tegas dan meyakinkan, cobalah dengan memberikan pertanyaan kedua yang masih berhubungan dengan pertanyaan pertama.
Karena biasanya orang yang berbohong hanya berpikir untuk mempersiapkan jawaban satu pertanyaan dan jarang mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan kedua atai ketiga dan akan terlihat gugup.
i.    Siswa-siswi Anda yang Sedang Berkumpul dan Mengobrol Tiba-tiba Diam Ketika Anda Muncul di Tengah-tengah Mereka
Mereka sedang membicarakan sesuatu hal yang tidak boleh diketahui oleh anda atau sedang membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan anda.
0 Komentar untuk "MEMBACA DAN MEMAHAMI GERAKAN TUBUH (GESTURE) SISWA"

Back To Top