ads
ads

RSBS (Rumah Sampah Berbasis Sekolah)


RSBS (Rumah Sampah Berbasis Sekolah)


  Rumah sampah berbasis sekolah merupakan kolaborasi antara rumah sampah dengan lembaga pendidikan khususnya jenjang Pendidikan Usia Dini dan Sekolah Dasar. pertimbangan memilih anak usia dini sebagai sasaran program adalah karena pada masa inilah anak belajar dengan optimal, masa ini  biasa disebut golden age (masa emas). Berdasarkan hasil penelitian Osbora,White dan Bloom diketahui bahwa perkembangan intelektual manusia pada usia 4 tahun sudah mencapai 50%, pada usia 8 tahun mencapai 80% dan mencapai 100% pada usia 18 tahun. Dari hasil penelitian ini,kita tahu bahwa dominasi perkembangan otak anak terjadi pada masa golden age, sehingga pada masa inilah kita selaku orang dewasa untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan sedari dini. Inilah yang menjadi sebab, mengapa RSBS memfokuskan target sasaran kepada anak usia dini dan usia sekolah dasar.
Rumah sampah berbasis sekolah fokus terhadap pembentukan karakter cinta dan peduli lingkungan pada anak dan mengubah mindset tentang sampah yang telah tertanam pada masyarakat.
Secara sederhana, rumah sampah berarti tempat dikumpulkannya sampah-sampah produktif secara rutin setiap satu kali dalam sepekan untuk dijual dan hasil penjualannya digunakan untuk keperluan lembaga sekolah, tidak untuk siswa yang  mengumpulkan uang, ini bukan berarti bahwa siswa yang mengumpulkan sampah tidak mendapatkan reward, tetap diberi reward namun bukan berupa uang karena menghindari mindset keliru semisal ‘aku harus memungut sampah agar mendapatkan uang’. Hal ini jelas tidak dikehendaki siapapun, karena fokus kami adalah membentuk karakter anak untuk peduli terhadap lingkungan, peduli dan beraksi nyata dengan melakukan pembiasaan memungut sampah.
0 Komentar untuk "RSBS (Rumah Sampah Berbasis Sekolah)"

Back To Top