ads
ads

Pengertian Pendidikan Dalam Arti Luas

Pengertian Pendidikan Dalam Arti Luas

Dalam arti luas, pendidikan adalah hidup. Artinya, pendidikan adalah segala pengalaman (belajar) di berbagai lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat dan berpengaruh positif bagi perkembangan individu. Contoh ; seorang anak tertarik dengan nyala api yang membara, ia memegangnya, merasakan panas, dan berdasarkan pengalaman itu akhirnya ia selalu hati-hati apabila menghadapi atau menggunakan api .Dengan maksud meningkatkan kualitas diri, mahasiswa menuntut ilmu di suatu perguruan tinggi. Ketika terjadi suatu bencana alam, seseorang menyadari dosa-dosa yang telah diperbuatnya, segera bertaubat kepada Tuhannya, dan berupaya untuk tidak berbuat dosa lagi.
Dalam arti luas pendidikan berlangsung bagi siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Pendidikan tidak terbatas pada penyekolahan (scholing) saja, bahkan pendidikan berlangsung sejak lahir hingga meninggal dunia. Pendidikan berlangsung diberbagai tempat atau lingkungan, baik di dalam keluarga, di sekolah, maupun di dalam masyarakat.
Disadari ataupun tidak pendidikan selalu diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam arti luas , tujuan pendidikan terkandung dalam setiap pengalaman belajar dan tidak ditentukan di luar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan, jumlah tujuan pendidikan tidak terbatas. Tujuan pendidikan sama dengan tujuan hidup.

0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Dalam Arti Luas"

Back To Top