ads
ads

Pengertian Pendidikan Dalam Arti Sempit

Pengertian Pendidikan dalam Arti Sempit

Dalam arti sempit, pendidikan dalam prakteknya identik dengan penyekolahan (scholing), yaitu pengajaran formal di bawah kondisi-kondisi yang terkontrol.
Dalam arti sempit, pendidikan hanya berlangsung bagi mereka yang menjadi siswa pada suatu sekolah atau mahasiswa pada suatu perguruan tinggi (lembaga pendidikan formal). Pendidikan dilakukan dalam bentuk pengajaran (intruction) yang terprogram dan bersifat formal. Pendidikan berlangsung di sekolah atau di lingkungan tertentu yang diciptakan secara sengaja dalam konteks kurikulum sekolah yang bersangkutan.
Lamanya pendidikan untuk setiap individu bervariasi, mungkin enam tahun, sembilan tahun, dan bahkan mungkin kurang atau lebih dari itu sesuai dengan kesempatan dan kemampuan biaya yang dimilikinya. Pendidikan mempunyai titik terminal yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.
Dalam pengertian sempit, tujuan pendidikan ditentukan oleh pihak luar, tujuan pendidikan terbatas pada pengembangan kemampuan-kemampuan tertentu, tujuan pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup di masyarakat.
0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Dalam Arti Sempit"

Back To Top