ads
ads

PEMBINAAN GURU MADRASAH / PGM INDONESIA SE-TASIK UTARA Tanggal 28 Maret 2019




Pembinaan Guru Madrasah /PGM Indonesia Se-Tasik Utara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019. Tempat di MAN 3 Tasikmalaya yang dihadiri oleh; Kepala Kandepag Tasikmalaya yang diwakili oleh Drs. H. Harun Arasyid, M.Pd., Ketua DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) 1 (satu) orang, yaitu Bapak Heri Purnama, M.Pd.I, Ketua DPD Kabupaten Tasikmalaya ( Drs. Aming, M.Pd), Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Tasikmalaya 10 (sepuluh) orang, DPC (Dewan Perwakilan Cabang) Se-Kabupaten Tasik Utara 27 (dua puluh tujuh)  orang, serta 8 (delapan) orang Relawan, Kepala RA, MI, MTs, MA, serta Komite MAN 3 Tasikmalaya.
Materi :
1. Ketua DPD Kabupaten Tasikmalaya (Drs. KH. Atam Rustam, M.pD.I yang diwakili oleh Drs. Aming, M.Pd).
Performen Guru Madrasah harus terbaik di hadapan  siswa dan masyarakat.. sebagai guru harus dapat tepat waktu dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di sekolah. Terutama guru PNS. Guru adalah sebagai pendidik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk anak yang Salih dan salihah.

2. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya (Drs. H. Usep Saepudin, M.M.Pd, yang diwakili oleh Ds. H. Harun Ar-Rasyid, M.Pd)
Awalnya PGM Indonesia adalah Persatuan Guru Madrasah Indonesia, sekarang menjadi Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia.
Guru Madrasah di Indonesia berjumlah 703.000 orang (PNS : 127.000 orang dan Honorer : 575.000 orang.
Pada tahun 2018 di antara guru ada yang belum S1, yaitu sebanyak 90.000 orang. Sehingga belum menjadi peserta sertifikasi. Guru yang sudah Strata 1 (S1) sejumlah 613.000 orang. Guru yang sudah sertifikasi sejumlah 316.736 orang, dan yang belum sertifikasi sejumlah 386.466 orang. Guru Madrasah terdiri atas guru perempuan  sejumlah 426.000 orang, dan guru laki-laki sejumlah 276.000 orang.
Dukungan Tunjangan Profesi Guru adalah :
a. Anggarannya sudah ada untuk selama satu tahun.
b. Petunjuk teknis pencairan sudah ada dan sudah disebarkan.
TPG dapat dicairkan pada setiap 3 bulan 1 X pada tanggal 7 di bulan berikutnya. Diharapkan untuk memenuhi pemberkasan, termasuk pengabsenan (Pringer Print).
Insentif guru dicairkan 3 bulan pertama nilainya Rp. 250.000;/bulan.
Tiga hal bagi guru :
1. Kualifikasi pendidikan S1
2. Kompetensi guru
3. Sertifikasi

3. Ketua DPW Jabar ( Heri Purnama, M.Pd.I)
Semangat PGM Indonesia Kabupaten Tasikmalaya adalah dengan dibangun organisasi PGM Indonesia. Organisasi PGRI membawahi SD, SMP, SMA, SMK. Sedangkan PGM membawahi RA, MDT, MI, MTs, dan MA.
Dalam organisasi PGM tidak ada sekat atau pemisah, antara guru PNS dan guru Honorer. Semua guru madrasah sama dalam satu visi da satu tujuan. Hidup adalah pilihan, maka sebagai guru madrasahpun itu adalah pilihan. Yang diinginkan oleh guru madrasah adalah kesejahteraan dipenuhi oleh pemerintah.
Jumlah guru madrasah di Jawa barat sejumlah 146.000 orang (PNS : 17.500 orang dan Honorer : 17.000 orang).
Kementerian Agama sudah mempersiapkan SK Inpassing untuk 95.000 orang, anggarannya Rp. 4 Triliun. Dan anggaran Kementerian Agama untuk pendidikan disiapkan Rp. 91 triliun.

0 Komentar untuk "PEMBINAAN GURU MADRASAH / PGM INDONESIA SE-TASIK UTARA Tanggal 28 Maret 2019"

Back To Top