ads
ads

NASEHAT USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS

NASEHAT USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS

▪ Jangan berharap kepada manusia, karena engkau akan kecewa. Tapi, berharaplah kepada Allah, niscaya engkau TIDAK pernah kecewa.

▪ Manusia yang MULIA adalah mereka yang bangun di sepertiga malam terakhir, kemudian beribadah dan memohon kepada Allah.

▪ Jangam pernah luangkan waktumu untuk berbuat maksiat, karena engkau tak tahu kapan ajalmu akan menjemput.

▪ Hidup di dunia ini ibarat satu detik atau setengah detik saja jika dibandingkan dengan kehidupanmu di akhirat kelak, persiapkanlah bekalmu. Dan sebaik-baik bekal adalah TAKWA.

▪ Infakkanlah hartamu. Karena penyimpanan harta yang sesungguhnya adalah yang akan engkau bawa sampai mati, bukan yang engkau simpan untuk duniamu.

▪ Jangan engkau tunda pekerjaan pagimu untuk sore harimu, niscaya banyak pekerjaan yang akan engkau selesaikan.

▪ Aturlah waktumu sebaik mungkin, kapan mengurus rumah tanggamu, kapan engkau membaca al-Qur'an, kapan engkau membaca buku yang bermanfaat, dan pekerjaan lain.

▪ Orang yang tertipu adalah orang yang tidak dapat memanfaatkan waktu luangnya, padahal ia dalam kondisi sehat.

▪ Sesungguhnya setelah waktu luang akan ada waktu sibuk, setelah sehat akan ada masa sakit. Manfaatkanlah masa sehatmu dan waktu luangmu sebaik mungkin.

▪ Sesugguhnya masa sakitmu dibandingkan masa sehatmu lebih banyak masa sehatmu. Coba ingat berapa lama kamu sakit? Seminggu? Sebulan? Setahun? Bandingkan dengan masa sehatmu! Bersyukurlah!

▪ Janganlah engkau merasa aman dari perbuatan maksiat yang engkau lakukan secara diam-diam. Allah MAHA mengetahui seluruh perbuatanmu. Dan kelak engkau harus mempertanggungjawabkan perbuatan itu dihadapan-Nya.

▪ Apabila perbuatan maksiat sudah engkau lakukan, menyesallah! Bertaubatlah!

▪ Berdo'alah. Sesungguhnya do'a yang paling banyak diucapkan Nabi SAW adalah : "Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik". (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku atas agama-Mu).

▪ Jangan engkau tinggalkan setelah shalat Shubuh do'a : "Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'a wa rizqon thoyyibaa wa'amalan mutaqobbalaa." (Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib, dan amalan yang diterima).

▪ Bacalah dzikir pagi dan sore, itu hanya menyita waktumu 10 menit. Kau bisa melakukannya disela-sela aktivitasmu.

▪ Bacalah buku yang bermanfaat, karena ia dapat menghantarkanmu kepada kebaikan.

▪ Manusia yang paling utama adalah yang baik ahklaknya. Dan manusia yang paling CERDAS adalah yang selalu mengingat MATI dan mempersiapkan BEKAL menghadapi kehidupan setelah kematian.

▪ Janganlah engkau panjang angan-angan untuk kehidupan duniamu.

▪ Dapat engkau melakukan ha-hal yang mubah seperti menjaga kesehatan badanmu, akan tetapi janganlah hal tersebut membuatmu lupa menjaga kesehatan hatimu.

▪ Berikan rasa cintamu untuk orang-orang shalih, bukan untuk orang-orang kafir.

▪ Maafkanlah orang yang telah menyakiti hatimu.

________

Disadur dari kajian dan buku Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas tentang "Waktumu dihabiskan untuk apa???" dan "Dunia Lebih Jelek Dari Bangkai Kambing". Mudah-mudahan nasehat ini bermanfaat dan menjadi Renungan bagi Kehidupan kita. Aamiin.

0 Komentar untuk "NASEHAT USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS"

Back To Top