ads
ads

TUJUH DOSA DI SEKITAR KITA


TUJUH DOSA DI SEKITAR KITA

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ 

"Hendaklah kalian menghindari tujuh dosa yang dapat menyebabkan kebinasaan. Dikatakan kepada beliau, "Apakah ketujuh dosa itu wahai Rasulullah?”Beliau menjawab: “Dosa syirik (menyekutukan Allah), sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk dibunuh kecuali dengan alasan yang benar, memakan harta anak yatim, memakan riba, lari dari medan perang, dan menuduh wanita mukminah baik-baik berbuat zina.”(HR. Imam Bukhari no. 2560 dan Imam Muslim no. 129).

Tujuh dosa tersebut berputar-putar disekitar kehidupan kita. Waspadalah jangan sampai kita tergelincir masuk kedalam lingkaran tujuh dosa itu. Namun apabila pernah terperosok kedalamnya, karna hilaf, maka bertaubatlah dengan taubatan nasuha.
Taubatan nasuha itu, tobat yang semurni-murninya. Hal ini untuk memohon ampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang diperbuat. 
  Apabila tergelincir masuk kedalam tujuh dosa itu, maka bertaubatlah dengan taubatan nasuha.
 Tetapi ada syaratnya, :
1. Menyesal, harus ada penyesalan akan dosa yang telah diperbuat, 
2.  Berhenti dari dosa yang telah diperbuat secara mutlaq, 
3. Bertekad untuk tidak mengulangi dosa yang telah diperbuat. 
Semoga kita diberi kekuatan oleh Alloh Swt.  Agar terjaga dari dosa-dosa, dan diberi kemudahan bertaubat dari dosa-dosa, aamieennn
0 Komentar untuk "TUJUH DOSA DI SEKITAR KITA"

Back To Top