ads
ads

MATERI KULIAH SUBUH TEMA: AMANAT (KEDZALIMAN DAN KEBODOHAN MANUSIA MAU MENERIMA TUGAS, TETAPI TIDAK MELAKSANAKANNYA)


MATERI KULIAH SUBUH TANGGAL 14 MEI 2020
OLEH : OO HANAPIAH, M.Ag
TEMA: AMANAT (KEDZALIMAN DAN KEBODOHAN MANUSIA MAU MENERIMA TUGAS, TETAPI TIDAK MELAKSANAKANNYA)

Ketika Allah SWT., menyerahkan amanat kepada Langit, Bumi, dan Gunung-gunung, mereka minta maaf tidak dapat menerimanya. Mereka mengetahui bahwa hal itu sangat berat sehingga mereka takut akan akibatnya. Namun ketika Allah SWT., menawarkan hal itu kepada Adam, maka tawaran itu diterimanya. Hal itu karena kebodohannya dan keinginannya untuk mendapatkan imbalan dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 82:
إِنَّا عَرَضۡنَا ٱلۡأَمَانَةَ عَلَى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱلۡجِبَالِ فَأَبَيۡنَ أَن يَحۡمِلۡنَهَا وَأَشۡفَقۡنَ مِنۡهَا وَحَمَلَهَا ٱلۡإِنسَٰنُۖ إِنَّهُۥ كَانَ ظَلُومٗا جَهُولٗا ٧٢
“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”
Amanat itu mengandung makna “Iman sepenuhnya yang meliputi syariat dan akhlak.” Ibnu Abbas mentafsirkan “amanat” itu dengan “Taat”. Taat artinya melaksanakan segala perintah Allah SWT., dan menjauhi segala larangannya. Taat inilah yang disebut dengan iman sepenuhnya. Sehingga disebut amanat.
Ketika Adam sebagai asal usulnya manusia, menerima amanat dengan semua resikonya, maka Allah SWT., mengadakan bai’at/ janji kepada setiap manusia ketika masih di alam ruh. Allah SWT., bertanya kepada seluruh ruh :
وَإِذۡ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِيٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَأَشۡهَدَهُمۡ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمۡ أَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡۖ قَالُواْ بَلَىٰ شَهِدۡنَآۚ أَن تَقُولُواْ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنۡ هَٰذَا غَٰفِلِينَ ١٧٢
“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)"
Baiat/perjanjian itu dimaksudkan, agar manusia setelah lahir ke dunia atau ketika datang hari kiamat tidak ada lagi alasan untuk mengingkari amanat yang telah diterimanya.
0 Komentar untuk "MATERI KULIAH SUBUH TEMA: AMANAT (KEDZALIMAN DAN KEBODOHAN MANUSIA MAU MENERIMA TUGAS, TETAPI TIDAK MELAKSANAKANNYA)"

Back To Top