ads
ads

Cara Memahami Sejarah, Hakikat, dan Keistimewaan Al-Quran


Cara Memahami Sejarah, Hakikat, dan Keistimewaan Al-Quran:
  1. Al-Qur’an diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw dalam jangka waktu ± 23 tahun melalui perantaraan malaikat Jibril secara berangsur-angsur dalam dua periode: (1) Periode sebelum hijrah; dan (2) Periode sesudah hijrah. Ayat-ayat yang turun pada periode pertama dinamai ayat-ayat Makkiyyah, dan ayat-ayat yang turun pada periode kedua dinamai ayat-ayat Madaniyyah
  2. Adapun sejarah pembukuan (kodifikasi) al-Qur’an dibagi kedalam dua tahap, yaitu Al-Qur’an pada masa sebelum wafat Rasulullah yang mana beberapa sahabat yang tekun membaca Al-Qur’an, menghapal dan memelihara surat-surat dan ayat-ayatnya. Mereka inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan al-qurra’. Sedangkan tahap kedua Al-Qur’an pada masa sesudah Rasulullah wafat, pada saat ini sudah dimulai upaya untuk menulis dan membukukan ayat-ayat al-Qur’an menjadi sebuah mushaf.
  3. Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata Qara’a-Yaqra’u- Qur’anan artinya : bacaan atau yang dibaca. Adapun menurut istilah, al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai mukjizatnya dan bagi yang membacanya merupakan ibadah.
  4. Al-Qur’an berisi petunjuk secara lengkap sesuai dengan perkembangan zaman. Ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an sebagian besar meliputi : Akidah, Ibadah, Muamalah, Akhlaq karimah, Tarikh, dan Syariat.
  5. Al-Qur’an dkatakan sebagai penyempurna karena memiliki kelebihan dari kitab-kitab suci sebelumnya. Kelebihan kitab suci Al-Qur’an daripada kitab suci yang lain adalah dari segi keaslian Al-Qur’an, segi isi kandungan Al-Qur’an, segi susunan bahasanya, dan segi misi yang diemban.
  6. Hikmah diturunkan al-Qur’an adalah untuk menuntun manusia ke jalan yang benar agar selamat hidup di dunia dan akhirat.
0 Komentar untuk "Cara Memahami Sejarah, Hakikat, dan Keistimewaan Al-Quran"

Back To Top