ads
ads

Pelajaran Fiqih Kelas 8 Tentang Puasa Haram

Puasa Haram

Puasa  haram, yaitu  puasa  yang  apabila  dikerjakan  berdosa  dan  apabila  ditinggalkan berpahala. Adapun macam-macam puasa haram sebagai berikut:
a.    Hari Raya Idul Fithri 
Tanggal  1 Syawwal telah ditetapkan sebagai hari  raya  sakral umat  Islam. Hari itu adalah hari  kemenangan  yang  harus  dirayakan  dengan  bergembira.  Karena  itu  syariat  telah mengatur bahwa di hari  itu  tidak diperkenankan seseorang  untuk berpuasa  sampai pada tingkat  haram.  Meski  tidak  ada  yang  bisa  dimakan,  paling  tidak  harus  membatalkan puasanya atau tidak berniat untuk puasa.
b.    Hari Raya Idul Adha 
Hal yang sama juga pada tanggal  10 Zulhijjah sebagai Hari Raya kedua bagi umat Islam. Hari  itu  diharamkan  untuk  berpuasa  dan  umat  Islam  disunnahkan  untuk  menyembelih hewan Qurban dan membagikannya kepada fakir msikin dan kerabat serta keluarga. Agar semuanya  bisa  ikut  merasakan  kegembiraan  dengan  menyantap  hewan  qurban  itu  dan merayakan hari besar.
c.    Hari Tasyrik 
Hari  tasyrik  adalah  tanggal 11,  12  dan  13 bulan Zulhijjah.  Pada  tiga  hari itu  umat  Islam masih  dalam  suasana  perayaan hari Raya Idul  Adha  sehingga  masih  diharamkan  untuk berpuasa. Pada tiga hari itu masih dibolehkan  utnuk menyembelih  hewan qurban  sebagai ibadah yang disunnahkan sejak zaman nabi Ibrahim as.
d.    Puasa pada hari Syak 
Hari syak adalah tanggal 30 Sya`ban bila orang-orang ragu tentang awal bulan Ramadhan karena hilal  (bulan) tidak terlihat. Saat itu tidak ada kejelasan apakah  sudah masuk bulan Ramadhan  atau  belum.  Ketidak-jelasan  ini  disebut  syak.  Dan  secara  syar`i  umat  Islam dilarang berpuasa pada hari itu.
e.    Puasa Selamanya (puasa Dahri)
Diharamkan  bagi  seseorang  untuk  berpuasa  terus  setiap  hari.  Meski  dia  sanggup  untuk mengerjakannya  karena  memang  tubuhnya  kuat.  Tetapi  secara  syar`i  puasa  seperti  itu dilarang oleh Islam. Bagi mereka yang ingin banyak puasa, Rasulullah SAW menyarankan untuk berpuasa seperti puasa Nabi Daud as yaitu sehari puasa dan sehari berbuka.
f.    Puasa wanita haidh atau nifas 
Wanita yang sedang mengalami haidh atau nifas diharamkan mengerjakan puasa. Karena kondisi  tubuhnya  sedang  dalam  keadaan  tidak  suci  dari  hadats  besar.  Apabila  tetap melakukan  puasa,  maka  berdosa  hukumnya.  Bukan  berarti  mereka  boleh  bebas  makan dan minum sepuasnya. Tetapi harus menjaga kehormatan bulan Ramadhan dan kewajiban menggantinya di hari lain.
0 Komentar untuk "Pelajaran Fiqih Kelas 8 Tentang Puasa Haram"

Back To Top