ads
ads

Rangkuman Pelajaran Fiqih Kelas 8 Tentang Zakat

1.    Menurut bahasa (lughat), zakat berarti : tumbuh; berkembang; kesuburan atau bertambah atau Zakat menurut bahasa  dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan
2.    Menuurut  syariat adalah kewajiban pada  harta  tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu dalam waktu tertentu
3.    Fitrah  secara  bahasa  berarti  bersih  atau  suci.  Menurut  istilah,  zakat  fitrah adalah sejumlah  harta  berupa  bahan  makanan  pokok  yang  wajib  dikeluarkan  oleh  seorang muslim menjelang  hari  raya  idul  fitri dengan  juan  membersihkan  jiwa dengan  syarat tertentu dan rukun tertentu.
4.    Melaksanakan zakat fitrah hukumnya fardhu `ain atau wajib atas setiap muslim dan muslimah. 
5.    Rukun zakat fitrah adalah: Niat, ada pemberi zakat fitrah (muzaki), ada penerima zakat fitrah (mustahik) dan ada barang atau makanan pokok yang dizakatkan.
6.    Syarat Wajib Zakat Fitrah  adalah: Islam, Masih hidup pada waktu terbenam matahari pada malam hari raya idul fitri, Mempunyai kelebihan makanan baik untuk dirinya maupun keluarganya., Berupa makanan pokok penduduk setempat.
7.    Tujuan utama zakat fitrah adalah untuk :Membersihkan diri yang berzakat dan Memberi makan kepada fakir dan miskin.
8.    Benda  yang  dapat  dipergunakan  untuk  membayar  zakat  fitrah  adalah  bahan  makanan pokok  daerah  setempat. 
9.    Menurut bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali oleh manusia untuk  memiliki,  menyimpan  dan  memanfaatkannya  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Menurut syara’,  harta  adalah  segala  sesuatu  yang  dapat  dimiliki  (dikuasai)  dan  dapat  digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim).
10.    Golongan Mustahiq Zakat adalah Fakir, Miskin, Amil, Mualaf, Riqab,  Gharim, Sabilillah dan Ibnus  sabil. Sedangkan yang tidak boleh menerima zakat adalah Nabi saw dan keturunanya, orang kaya, orang kafir, orang yang wajib dinafkahi oleh muzakki, dan budak.
0 Komentar untuk "Rangkuman Pelajaran Fiqih Kelas 8 Tentang Zakat"

Back To Top