ads
ads

Tips Supaya Hati Mengkilap.

 Tips Supaya Hati Mengkilap.

Dari Sahabat Abi Hurairoh ra.  
Rasululloh shallallahu’alaihi wasallam bersabda ,

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَتْ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ، فَإِذَا هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ سُقِلَ قَلْبُهُ، وَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ، وَهُوَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ: {كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ}

“Jika seorang hamba melakukan satu dosa, niscaya akan ditorehkan di hatinya satu noda hitam. Seandainya dia meninggalkan dosa itu, beristighfar dan bertaubat, hatinya kembali mengkilap. Tapi jika dia kembali berbuat dosa; niscaya noda-noda itu akan semakin bertambah hingga menghitamkan semua hatinya. Itulah penutup yang difirmankan Allah, “Sekali-kali tidak demikian, sebenarnya apa yang selalu mereka lakukan itu telah menutup hati mereka” (QS. Al-Muthaffifin: 4). (HR. Imam Tirmidzi no.  3334)


Dosa itu bukanlah aib, sebab tidak mungkin manusia biasa bisa suci dari dosa.  Aib itu bilamana setelah terjerumus kepada perbuatan dosa, tidak segera memperbaikinya, malah justru  semakin tenggelam dalam kubangan dosa. Sudah sepatutnya, kita terus dan terus memperbanyak istigfar.

0 Komentar untuk "Tips Supaya Hati Mengkilap."

Back To Top