ads
ads

REZEKI Yang Sudah Ditakar

 


REZEKI Yang Sudah Ditakar

Rezeki kita sudah ditakar dan in syaa Allooh tak kan tertukar, diatur dan sudah ditentukan. Meski demikian, Kita tetap hrs berikhtiar. So, tak perlu khawatir tak kebagian rezeki.

Rosulullooh shollalloohu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Allooh telah mencatat takdir setiap makhluk  50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Imam Muslim no. 2653, dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash).

Sebaik-baik rezeki adalah yang tidak melalaikan dari ibadah kepada Allooh ta'ala dan tidak membuat manusia sewenang-wenang kepada sesama. Pula bisanya kita beribadah, itu rezeki yg ruarr biasa.

Allooh ta'ala membatasi rezeki manusia untuk kebaikan mereka. Dia menjadikan kaya orang yang berhak menjadi kaya, dan menjadikan fakir orang yang berhak menjadi fakir sesuai dengan ta'tsir qudrat irodat-Nya.

Andai seluruh rezeki diberikan kepada manusia dengan jumlah banyak dan tanpa batas, pastilah manusia lupa kepada-Nya. (Kecuali yang dirahmati Allooh Swt.)

Allooh Subhanahu was ta'ala berfirman,

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

"Dan jikalau Allooh melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allooh menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat." (QS. Asy-Syura 27)

0 Komentar untuk "REZEKI Yang Sudah Ditakar"

Back To Top