ads
ads

Hikmah Bulan Rojab



Hikmah Bulan Rojab

ROJAB, artinya: mulia. Penamaan Rajab, karena bangsa Arab dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain dengan melarang berperang.

Bulan Rojab terdiri dari tiga huruf, yaitu : raa ( ر ), jim (  ج), dan baa ( ب ). Huruf-huruf ini mengandung arti di antaranya : raa ( ر ) Ridlwan artinya keridloan, jim ( ج ) Juud artinya kemurahan hati, dan baa ( ب ) Bara’ah artinya bebas.

Peristiwa penting yang terjadi di bulan Rojab adalah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi  Muhammad SAW., yaitu pada tanggal 27 bulan Rojab.


Pengertian Isra’ dan Mi’raj


Isra’ Mi’raj merupakan salah sebuah kisah sejarah agung dalam Islam yang dialami Rasulullah  SAW saat Rasulullah  mengalami rentetan kesulitan dan kepahitan selama melaksanakan dakwah Islam, lalu rentetan tersebut dengan wafatnya paman Beliau Ali Bin Abi Thalib yang selalu menjadi pelindung lalu disusul istri beliau Sayyidah Khadijah RA yang sandaran kepercayaan keluarga dan ibu dari putri beliau. Tahun tersebut menjadi tahun dukacita (‘Am al-Huzni) bagi Rasulullah  SAW.


Mengenai Isra’ Mi’raj Alloh SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 1 :

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ ١

“ Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” ( Surat Al-Isra ayat 1)


Isra’ Mi’raj  adalah perjalanan yang dilakukan Rasulullah  SAW dimalam hari dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis Masjid Aqsa lalu dilanjutkan Mi’raj menuju Sidratul Muntaha dengan menggunakan buraq sebagai kendaraan Nabi  sebelumnya untuk bertemu Allah SWT dan menerima perintah shalat lima waktu. Dalam perjalanan Isra’ Nabi  Muhammad singgah di tiga tempat, yaitu :

1.    Nabi  Muhammad SAW singgah di  Yatsrib (Madinah sekarang(.

2.    Nabi  Muhammad SAW singgah di Madyan tempat peristirahatan Nabi  Musa a.s. sewaktu dikejar-kejar oleh Pir’aun dan tentaranya.

3.    Nabi  Muhammad SAW, singgah di  Baetlahm, yaitu tempat dilahirkannya Nabi  Isa a.s .


Puasa Rojab


Bulan Rojab adalah bulan yang Agung. Oleh karena itu pantas kita mengagungkannya serta menyambutnya dengan puasa. Mengenai puasa Rojab dijelaskan dalam kitab Durotun Naashihiin , bahwa Rosululloh SAW telah bersabda :


عن ا بن عباس رضي الله عنه قال : صوم اول يوم من رجب كفارة ثلاث سنين. والثا ني كفارة سنتين , والثالث كفارة سنة, ثم كل يوم كفارة شهر


“ Artinya: Dari Ibnu Abbas ra. Sesungguhnya Rosululloh SAW bersabda : puasa di awal bulan Rojab menghapus dosa tiga tahun, dan puasa pada hari kedua menghapus dosa dua tahun, dan puasa pada hari ketiga menghapus dosa satu tahun, kalau puasa tiap hari menghapus dosa satu bulan.”
 
0 Komentar untuk "Hikmah Bulan Rojab"

Back To Top