ABSTRAK
ASEP SYARIF, H. 2010.
Pembelajaran Membaca Intensif teks Narasi dengan Menggunakan metode SQ3R pada
siswa kelas VI MIS Al-Hidayah Lampegan Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kemampuan
membaca merupakan faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia. Untuk itu
kemampuan membaca harus diajarkan sejak anak masih usia dini. Karena itu, guru
harus mempunyai kemampuan untuk memilih metode membaca yang efektif dan efisien
supaya siswa mempunyai kemampuan membaca yang layak. Siswa akan semakin
komunikatif dengan orang lain bila ia mempunyai kemampuan membaca yang baik.
Kemampuan membaca siswa tidak mungkin berkembang dengan sendirinya tanpa ada
dorongan dari orang lain. Tanpa latihan yang intensif tidaklah mungkin
kemampuan membaca itu dapat diperoleh semudah membalikkan telapak tangan.
Begitu pentingnya membaca bagi peserta didik, maka guru harus selalu berupaya
mencari metode pembelajaran yang menarik, sehingga siswa senang berlatih
membaca dan kemampuan membaca siswa semakin meningkat.
Rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di MIS Al-Hidayah Lampegan dengan menggunakan metode
SQ3R melalui pembelajaran intensif teks narasi.
Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui dapat tidaknya penerapan SQ3R meningkatkan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran membaca intensif di MIS AL-Hidayah
tahun pelajaran 2010/2011.
Metode yang
akan penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan
teknik penelitian yang digunakan adalah (1) teknik tes, (2) teknik observasi
dan (3) teknik wawancara.
Hipotesis
tindakan dalam penelitian ini adalah “Penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan
prestasi pembelajaran membaca intensif teks narasi pada siswa kelas VI MI
Al-Hidayah tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis tindakan tersebut terbukti
kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan dengan perolehan hasil rata-rata
keseluruhan kemampuan siswa dalam membaca intensif pada observasi awal adalah
5,5. Pada siklus I rata-rata nilai siswa dalam membaca intensif pada semua
aspek tersebut mencapai 64. pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 69
dan siklus III nilai rata-rata membaca intensif teks narasi siswa mencapai 85.
Dari hasil tersebut setiap siklus rata-rata nilai prestasi siswa mengalami
peningkatan.
0 Komentar untuk "ABSTRAK PTK Pembelajaran Membaca Intensif teks Narasi dengan Menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VI MIS Al-Hidayah Lampegan Tahun Pelajaran 2010/2011."