ads
ads

PROPOSAL KEGIATAN SEMINAR FILSAFAT UMUM PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME



 PROPOSAL KEGIATAN
SEMINAR FILSAFAT UMUM
PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME

TEMA :
REAKTUALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN
DALAM DIMENSI MULTIKULTURALISME KEBANGSAAN
 FAKULTAS TARBIYAH PRODI PGMI/SD IAILM SURYALAYA
PAGERAGEUNG-TASIKMALAYA
TAHUN 2015


A.   DASAR PEMIKIRAN
 Dinamika sosial dewasa ini semakin sarat dengan berbagai persoalan-persoalan yang kerap berpotensi pada lunturnya nilai-nilai kemanusiaan (dehumanisasi), diantaranya persoalan kekerasan fisik maupun psikis dalam berbagai dimensi yang saat ini hampir bahkan mungkin sudah menjadi sebuah budaya, sebagai contoh kekerasan fisik maupun psikis, perkelahian, percekcokan, maupun  konflik sosial di lingkungan masyarakat yang disebabkan oleh berbagai macam aspek. Satu diantaranya lantaran masing-masing yang bertikai belum mampu menerima perbedaan, baik perbedaan agama, ras, pandangan hidup, dan lain lain. Contoh kongkrit yang sering tejadi konflik antar agama, antar ras, komunitas, dan sebagainya.
Kondisi tersebut mencerminkan bahwa keberagaman  (perbedaan) di banyak tempat ternyata masih menjadi salah satu pemicu konflik dan juga diskriminasi. Persoalan  tersebut patut menjadi bahan pemikiran bagi para insan akademisi khususnya, mengingat masalah tersebut cukup urgen kaitannya dengan masa depan bangsa dalam dimensi lokal, nasional, maupun global.
Hal tersebut di atas menyadarkan pada kita, betapa pentingnya eksistensi pendidikan multikulturalisme. Dengan pendidikan multikulturalisme diharapkan realitas perbedaan tidak dimaknai sebagai halangan atau sumber masalah melainkan sebagai kekayaan yang memperindah kehidupan. Peran pendidikan saat ini tidak hanya berfungsi sebagai transformasi ilmu tapi sekaligus harus memiliki peran sebagai a tool of social enggineering (alat tau sarana bagi perubahan sosial ke arah yang lebih progresif bukan posesif).
Mengutip pendapat dari Akhyar Yusuf Lubis dalam bukunya Pemikiran Kritis Kontemporer (2015:191), dapat disimpulkan bahwa upaya pendidikan multikulturalisme dapat dilakukan dengan berbagai hal, tiga diantaranya, pertama,  menanamkan pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman baik formal, informal maupun nonformal; kedua, menghindari pandangan-pandangan yang menganggap bahwa kelompok yang satu lebih unggul daripada kelompok yang lain (sikap egalitarian atau nilai-nilai kemanusiaan); ketiga, menumbuhkan dan membiasakan sikap dialogis, karena tak jarang konflik sering terjadi karena kurang terjalinnya komunikasi. Dialog adalah jembatan bagi interaksi diantara kelompok-kelompok yang berbeda.
 Berkaitan dengan hal tersebut, kami sebagai tim pengampu mata kuliah Filsafat Umum menganggap penting diadakannya sebuah Dialog (Dialektika Pemikiran)  yang berupaya mengupas dan mengungkap berbagai pemikiran akan pentingnya nilai-nilai kearifan dalam dimensi multikulturalisme kebangsaan secara
1.    Spekulitif, mencari berbagai kemungkinan/aspek yang menjadi penyebab timbulnya masalah
2.    Radikal, berdasarkan berbagai kemungkinan tersebut, menentukan penyebab pertama dan utama timbulnya masalah
3.    Logis, adanya hubungan sebab akibat antara penyebab dengan akibat yang ditimbulkan
4.    Universal, solusi pemikiran yang dihasilakan berdampak menyeluruh terhadap berbagai persoalan yang disebabkan oleh akar permasalahan yang sama

B.    NAMA KEGIATAN
SEMINAR FILSAFAT UMUM PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME PGMI/SD FAKULTAS TARBIYAH IAILM SURYALAYA TASIKMALAYA
C.   TEMA KEGIATAN
REAKTUALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN DALAM DIMENSI MULTIKULTURALISME KEBANGSAAN


D.   TUJUAN
1.    Melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran
2.    Menciptakan aplikasi berfilsafat  pada peserta didik berdasarkan karakteristik filsafat
3.    Menjadikan realitas  kongkrit keberagaman (perbedaan) sebagai  objek /bahan pemikiran

E.   Peserta kegiatan
Mahasiswa PGSD/MI Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya-Tasikmalaya tahun ajaran 2015/2016, Semester III
F.    Waktu dan tempat kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal              :   Rabu, 16 Desember 2015
Tempat                     :  Aula Mini Tarminah Bhakti IAILM
G.    Susunan Panitia
  ( terlampir)
H.   Estimasi Biaya
(terlampir)
I.      Susunan Acara
(terlampir)
J.    Penutup
Demikian proposal kegiatan ini kami buat sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan kegiatan. Besar harapan kami proposal kegiatan ini diterima dengan baik oleh semua kalangan. Semoga kegiatan yang telah kami rencanakan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun. Amin.



lampiran 1



SUSUNAN PANITIA

Penasehat                                        :  Drs. H. Andri Ardiansyah, M.Ag.
Penanggungjawab                          :  Drs.H.  Suhrowardi, M.Ag.
Ketua Pelaksana                             :  Imas Masitoh, SH.,MSI
Sekretaris                                          :  Oo Hanapiah, S.Ag
Bendahara                                        :  Bendahara kelas
Sie Dokumentasi                             : Nuryadin Arafat
Sie Akomodasi                                 : Iman dan Ade Husen
Sie Transfortasi                                : Sahna
Sie Konsumsi                                   : Kosma Kelas






lampiran 2
TIM PENYAJI


Narasumber
Pembanding
Moderator
Pemandu Acara
Dosen Pembimbing
:
:
:
:
:
Prof. Dr. Ahmad Tafsiir
Drs. H. Andri Ardiansyah, MAg.
Saeful Anwar, M.Ag
Nana Suryana, M.Pd
Imas Masitoh, SH.MSI




Ketua pelaksana,




Imas Masitoh, SH., MSI

Suryalaya, 09 Nopember 2015

Sekretaris,




Oo Hanafiah, S.Ag.


Mengetahui,
Dekan Fakultas Tarbiyah


Drs. Andri Ardiansyah, M.Ag.




Lampiran 2
Estimasi Biaya
a.    Rencana Pemasukan
Peserta   80 x 80.000 = 6.400.000,00
b.    Rencana pengeluaran

1
Honor narasumber+Transfor

2.500.000,00
2
Honor pembanding

500.000,00
3
Honor moderator 

300.000,00
4
Honor panitia        

1.500.000,00
5
Honor pembimbing                  

500.000,00
6
Sertifikat

900.000.00
7
Atk

200.000,00
8
Akomodasi Dokumentasi dan Transfortasi    

600.000,00
9
10
Konsumsi Snack 120 orang
Makan Tim Penyaji Rp.20.000 X 10 orang

1.200.000,00
200.000,00
11
Dll

300.000,00

Jumlah

7.800.000,00



Defisit anggaran sebesar Rp. 1.400.000,00. Kami berharap kekurangan anggaran ini dapat ditutup oleh Fakultas Tarbiyah.


Ketua pelaksana,




Imas Masitoh, SH., MSI.









Mengetahui,
Dekan Fakultas Tarbiyah





Drs. Andri Ardiansyah, MAg.
Suryalaya,09 November 2015
Sekretaris,




Oo Hanafiah, S.Ag.


Lampiran 3
Susunan Acara

Hari/tanggal
waktu
acara
Rabu, 8 Januari
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-11.30

11.30-12.00

Check in peserta
Pembukaan
 Dialektika pemikiran
Tanya jawab
Penutup

0 Komentar untuk " PROPOSAL KEGIATAN SEMINAR FILSAFAT UMUM PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME"

Back To Top