ads
ads

Contoh PROPOSAL PTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan di Kelas IV SD Nyantong Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Ada kecenderungan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahui, tetapi mampu melaksanakan. Sedangkan sebelumnya, pembelajaran berorientasi pada penguasaan materi. Meskipun terbukti berhasil dalam penguasaan kognitif, pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang dan mengaplikasi ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Preston dan Herman (dalam Suradisastra, dkk 1993 : 63) mengemukakan bahwa ”sejak dulu memang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial kurang populer di kalangan siswa karena banyak yang harus dihapalkan dan sering hapalan itu lupa karena setelah ulangan tidak digunakan lagi serta menyebabkan banyak anak tidak percaya dengan apa yang ia pelajari dalam pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial”.
Pengembangan kegiatan pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, yang kajiannya berdimensi pada konteks lingkungan sekitar siswa atau pengaitan latar kehidupan masyarakat dengan berbagai aktifitasnya, fenomena atau permasalahannya sebagai sumber belajar nyta dalam proses pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar mutlak harus dilakukan. Pola pembelajaran pendidikan Pengetahuan Sosial yang berkaitan erat dengan konteks permasalahan lingkungan masyarakat sekitar siswa baik sebagai sumber belajar maupun sebagai media dan evaluasi pembelajaran hendaknya disajikan secara expanding community approach (berdasarkan pendekatan perkembangan masyarakat)
Dengan memanfaatkan lingkungan pembelajaran sebagai sumber dan media pembelajaran, maka diharapkan hasil belajar akan meningkat. Misalnya peserta didik diajak langsung mellihat kondisi lingkungan sekitar sekolah, pasar, terminal, dan tempat-tempat lain secara nyata dalam lingkungan alam sehingga memahami sumber daya alam yang dimiliki wilayah tersebut.
Persoalannya, pembelajaran dengan pendekatan ini belum banyak digunakan di sekolah dasar karena diduga memerlukan persiapan khusus, dana yang banyak dan keterlibatan berbagai pisah. Namun demikian, hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan dan diduga akan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami lingkungan alamnya. Oleh sebab itu direncanakan penelitian dengan judul: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan di Kelas IV SD Nyantong Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).




B.    Perumusan Masalah
Dalam merencanakan suatu program, seorang guru tidak hanya dituntut mampu menyampaikan materi pelajaran, tetapi lebih ditekankan pada bagaimana memanfaatkan lingkungan sekitar anak sebagai sumber belajar. Permasalahan yang membutuhkan penelitian lebih mendalam dari pokok masalah tersebut adalah bagaimana proses pemanfaatan lingkungan alam dalam pembelajaran Pengetahuan  Sosial tentang sumber daya alam di SD Nyantong Jl. Siliwangi No. 111 Kel. Kahuripan Tawang Kota Tasikmalaya?

C.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah penelitian tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah proses pemanfaatan lingkungan alam dalam pembelajaran Pengetahuan  Sosial tentang sumber daya alam di SD Nyantong Jl. Siliwangi No. 111 Kel. Kahuripan Tawang Kota Tasikmalaya.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti dan pihak-pihak lain sebagai berikut :
1.    Manfaat bagi Peneliti
Manfaat yang dapat diperoleh peneliti  dari hasil penelitian ini antara lain:
a.  Secara teoritis, hasil penelitian menambah wawasan pengetahuan dalam Pengetahuan Sosial khususnya pengetahuan tentang pemanfaatan sumber belajar.
b. Secara praktis, hasil penelitian ini menambah pengalaman di bidang penelitian,  khususnya dalam menggunakan Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Lingkungan.
c.  Secara administratif, penelitian ini dijadikan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Sekolah Dasar.
2.      Manfaat Bagi Guru
Manfaat yang diperoleh guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu:
a.         Memberikan perbaikan cara mengajar guru, mengaktifkan siswa dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.  
b.         Menemukan pola pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar yang efektif melalui pemantauan lingkungan sekitar. 
c.         Meningkatkan kemampuan profesional guru Sekolah Dasar.
3.      Manfaat bagi siswa
Manfaat yang diharapkan dan diperoleh siswa dari penelitian ini, yaitu:
a.         Mengembangkan pola pikir siswa kearah pemikiran proses.
b.         Menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa untuk lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam mengembangkan aktivitas dan kreatifitas berfikir secara ilmiah.
4.      Manfaat bagi Sekolah, Kandepdiknas, dan Instansi terkait
Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang positif bagi sekolah sehingga sekolah dapat meningkatkan mutu lulusannya. Sebagai masukkan dalam merencanakan dan mengambil kebijakan terutama mengenai sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar anak agar diupayakan sedemikian rupa sehingga benar-benar berguna dan bermanfaat bagi kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dan bagi anak didik pada masa kini dan masa yang akan datang.
5.      Manfaat bagi Orang Tua Siswa
Hasil penelitian ini bisa dijadikan landasan dan motivasi untuk berpartisipasi dalam membantu siswa mengerjakan PR dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial secara efektif dan efisien.
0 Komentar untuk "Contoh PROPOSAL PTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan di Kelas IV SD Nyantong Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)."

Back To Top