ads
ads

Tujuan Mempelajari Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)


Tujuan Mempelajari Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)


Melalui pembelajaran berbasis TIK, siswa menyadari akan pentingnya kehadiran teknologi, dan dibekali kecakapan hidup yang mantap dalam menentukan masa depannya dan memahami perkembangan teknologi, siswa mampu menggunakan hasil-hasil teknologi, mampu mendesain, membuat, dan mengembangkan suatu karya berbasis teknologi informasi komunikasi.
Tujuan mempelajari teknologi informasi komunikasi antara lain:
1.    Pada aspek kognitif, dapat mengetahui, mengenal, atau memahami teknologi informasi dan komunikasi. Meningkatkan pengetahuan dan minat siswa pada teknologi, serta meningkatkan kemampuan berfikir ilmiah sekaligus persiapan untuk pendidikan, pekerjaan dan peran di mayarakat pada masa yang akan datang.
2.    Pada aspek afektif, dapat bersikap aktif, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu juga dapat menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
3.    Pada aspek psikomotor, dapat terampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari. Membentuk kemampuan dan minat siswa terhadap teknologi.
Ruang lingkup materi teknologi informasi komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai beirkut.
1.    Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi.
2.    Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
Berdasarkan tujuan dan ruang lingkup materi di atas, maka kemampuan yang perlu dikembangkan dalam TIK adalah: Kemampuan berpikir yang berkaitan dengan aspek kognitif, yaitu mengenal budaya, pekerjaan, lingkungan dan kebutuhan masyarakat; Memecahkan masalah teknik; Menganalisis sistem teknik; Merancang dan membuat produk teknik; Sikap yang ditunjukkan ketika memanfaatkan teknologi informasi komunikasi adalah bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, berani mengambil keputusan, kreatif dan inovatif, bersikap kritis; Kemampuan atau keterampilan; Memahami dan menggunakan peralatan TIK secara aman untuk menghasilkan produk dan sistemnya.
0 Komentar untuk "Tujuan Mempelajari Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) "

Back To Top