ads
ads

AZAS AGAMA ISLAM (RUKUN ISLAM ADALAH DZIKIR)

AZAS RUKUN ISLAM ADALAH DZIKIR


Sesungguhnya dzikir kepada Allah mempunyai beberapa cara (metode) dan materi yang berbeda satu dengan yang lainnya sesuai dengan keadaan orang yang melakukannya, tetapi puncak makna yang amat dalam dan signifikan adalah kalimat tauhid dan kalimat al-taqwa. Kalimat itulah yang menggambarkan rukun pertama dari rukun Islam.
افضل الذكر لااله الا الله
“Dari Jabir ra. , ia berkata: “ Saya mendengar Rasulullah bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laailaaha Illallah” (Hadits Riwayat Ibnu Majah).”
Demikian juga solat, solat merupakan amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat, harus berdiri di atas dzikir kepada Allah.
إِنَّنِيٓ أَنَا ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنَا۠ فَٱعۡبُدۡنِي وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِذِكۡرِيٓ ١٤
" Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”
Demikian juga haji, seluruh amalannya berdiri di atas dzikir, sebab di dalam ibadah haji ada takbir, tahlil, dan tasbih, baik dalam ibadah tawaf, sa’i, wukuf di Arafah, ketika melempar jumrah maupun ketika menyembelih qurban.
Demikian juga halnya ibadah puasa sesungguhnya puasa itu adalah dzikir selamanya kepada Allah, sebab orang yang berpuasa yakni bahwa Allah selalu mengawasinya. Begitu juga zakat, zakat adalah dzikir dan doa yang diangkat (ditujukan) kepada Allah agar doanya diijabah dengan baik oleh Allah SWT.
0 Komentar untuk "AZAS AGAMA ISLAM (RUKUN ISLAM ADALAH DZIKIR)"

Back To Top