ads
ads

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 8 2018

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 8 2018


Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan factor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan suatu zat
Disajikan 4 gambar balok homogen dengan bidang tekan  yang berbeda, siswa dapat menunjukkan balok yang memiliki tekanan terkecil atau terbesar
Disajikan gambar alat hidrolik berbentuk U dan dengan menggunakan rumus F1/A1 = F2/A2, siswa dapat menghitung salah satu gaya yang harus diberikan pada piston agar gaya tetap seimbang
Melalui persamaan rumus w = m.g, Fair = wu - wa dan wair = wu -Fa, siswa dapat menghitung:
a.           Berat benda di udara
b.           Berat benda di dalam air
Disajikan beberapa pernyataan terkait dengan balon, siswa dapat menunjukkan bahwa gas dalam ruang tertutup  mengadakan tekanan pada dinding
Melalui rumus P1.V1 = P2.V2, siswa dapat menghitung besar tekanan gas  pada ruang tertutup jika  gas tersebut ditekan menjadi volume tertentu
Disajikan data tentang darah, siswa dapat menunjukkan factor-faktor yang empengaruhi tekanan darah  manusia
Siswa dapat menganalisa kondisi sel jika ditempatkan pada larutan hipotonik
Disajikan fenomena alam, siswa dapat menunjukkan fenomena alam yang merupakan gejala kapileritas
Disajikan organ pernapasan pada manusia, siswa dapat mengurutkan organ pernapasan manusia
Disajikan gambar penampang paru-paru siswa dapat menunjukkan tempat pertukaran gas O2 dan CO2.
Disajikan beberapa otor, siswa dapat menunjukkan kelompok otot yang berfungsi dalam proses pernapasan
Siswa dapat menjelaskan mekanisme pernapasan dada pada manusia
Disajikan organ-organ pernapasan, siswa dapat mengurutkan jalur yang ditempuh oleh CO2 keluar dari tubuh manusia
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menunjukkan kelompok factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
Melalui pengamatan aktivitas peniupan balon sekuat-kuatnya hingga mengembang, siswa dapat menghitung jumlah udara yang dikeluarkan saat melakukan aktivitas tersebut
Siswa dapat memberi contoh gangguan/penyakit system pernapasan yang tidak disebabkan oleh mikroorganisme
Siswa dapat menjelaskan 4 cara untuk mencegah penyakit TBC
Siswa dapat menjelaskan fungsi system ekskresi pada manusia
Disajikan gambar penampang ginjal, siswa dapat bagian dari ginjal yang berperan dalam proses pembentukan urine primer
Siswa dapat menjelaskaan  3 tahap pembentukan urun pada ginjal secara berurutan
Disajikan beberapa fungsi organ ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi fungsi kulit
Disajikan tabel  alat ekskresi dan zat yang dikeluarkan, siswa dapat menentukan hubungan antara alat ekskresi dan zat sisa yang dikeluarkan dengan benar
Disajikan beberapa fungsi organ tubuh, siswa dapatmenunjukkan kelompok fungsi hati
Disajikan gejala yang diderita seseorang, siswa dapat menganaisa jenis gangguan/penyakit pada ginjal
Sioswa dapat menunjukkan usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kesehatan ginjal
 Disajikan gambar bandul, siswa dapat menghitung frekuensi dan amplitude ayunan jika lama ayunan dan jarak diketahui
Disajikan gambar gelombang transfersal, siswa dapat menghitung frekuensi gelombang jika kecepatan merambat gelombang diketahui
Disajikan peristiwa yang berhubungan dengan bunyi, siswa dapat menganalisis eristiwa yang merupakan pemanfaatan bunyi
Melalui rumus d = V.t/2, siswa dapat menghitung jarak dua buah tempat jika cepat rambat bunyi di udara dan waktu bunyi pantul diketahui
Disajikan struktur yang terdapat dalam telinga manusia, siswa dapat mengurutkan jalannya getaran bunyi sehingga bunyi dapat didengar
Siswa dapat menunjukkan batas frekuensi pendengaaran manusia
Melalui percobaan pemapatan dan perenggangan pegas/slinki, siswa dapat mengidentifikasi jenis gelombang yang terbentuk dari percobaan tersebut
Siswa dapat menentukan salah satu manfaat golombang dalam teknologi untuk memecah endapan batu pada penderita batu ginjal
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menunjukkan kelompok sifaat cahaya dengan benar
Disajikan gambar sebuah benda berada di depan cermin datar dengan tinggi dan jarak tertentu, siswa dapat menentukan tinggi bayangan dan jarak bayangan dari cermin
Melalui rumus 1/f = 1/so + 1/s1, siswa dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk dari sebuah benda dengan jarak dan focus lensa tertentu
Disajikan gambar sebuah benda yang beada di depan lensa cembung dengan jarak benda dan bayangan tertentu, siswa dapat menghitung pembesaran bayangan yang terjadi
Melalui rumus P = 1/f, siswa dapat menghitung kekuatan dan jenis lensa yang harus digunakan oleh seorang yang menderita rabun dekat jika titik dekat mata diketahui
Disajikan gambar pembentukan bayangan pada mata, siswa dapat menganalisis caacat mata dan lensa kacamata yang digunakan untuk memperbaiki bayangan benda
Disajikan beberapa hewan, siswa dapat menentukan kelompok hewan yang mempunyai kemampuan menerima gelombang ultrasonik
Melalui pengamatan sebuah objek menggunakan lup dengan mata berakomodasi maksimal, siswa dapat menganalisa posisi objek dengan benar
Melalui rumus Mtolal = Mob . Mok pada mikroskop, siswa dapat menghitunh pembesaran total yang dihasilkan mikroskop
Disajikan sifat-sifat bayangan benda, siswa dapat menunjukkan kelompok sifat bayangan yang dibentuk sebuah kamera
Melalui rumus d = fob +4fp + fok, siswa dapat menghitung focus lensa pembalik tada teropong jika focus objek, focus lensa okuler dan panjang teropong diketahui
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 8 2018"

Back To Top