KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 8 2018
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat
menentukan factor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan suatu zat
|
Disajikan 4 gambar balok homogen dengan bidang
tekan yang berbeda, siswa dapat
menunjukkan balok yang memiliki tekanan terkecil atau terbesar
|
Disajikan gambar alat hidrolik berbentuk U dan
dengan menggunakan rumus F1/A1
= F2/A2, siswa dapat menghitung salah satu gaya
yang harus diberikan pada piston agar gaya tetap seimbang
|
Melalui persamaan rumus w = m.g, Fair = wu - wa dan
wair = wu -Fa,
siswa dapat menghitung:
a.
Berat
benda di udara
b.
Berat
benda di dalam air
|
Disajikan beberapa pernyataan terkait dengan balon,
siswa dapat menunjukkan bahwa gas dalam ruang tertutup mengadakan tekanan pada dinding
|
Melalui rumus P1.V1
= P2.V2, siswa dapat menghitung besar tekanan
gas pada ruang tertutup jika gas tersebut ditekan menjadi volume
tertentu
|
Disajikan data tentang darah, siswa dapat
menunjukkan factor-faktor yang empengaruhi tekanan darah manusia
|
Siswa dapat menganalisa kondisi sel jika ditempatkan
pada larutan hipotonik
|
Disajikan fenomena alam, siswa dapat menunjukkan
fenomena alam yang merupakan gejala kapileritas
|
Disajikan organ pernapasan pada manusia, siswa dapat
mengurutkan organ pernapasan manusia
|
Disajikan gambar penampang paru-paru siswa dapat
menunjukkan tempat pertukaran gas O2 dan CO2.
|
Disajikan beberapa otor, siswa dapat menunjukkan
kelompok otot yang berfungsi dalam proses pernapasan
|
Siswa dapat menjelaskan mekanisme pernapasan dada
pada manusia
|
Disajikan organ-organ pernapasan, siswa dapat
mengurutkan jalur yang ditempuh oleh CO2 keluar dari tubuh manusia
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat
menunjukkan kelompok factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
|
Melalui pengamatan aktivitas peniupan balon
sekuat-kuatnya hingga mengembang, siswa dapat menghitung jumlah udara yang
dikeluarkan saat melakukan aktivitas tersebut
|
Siswa dapat memberi contoh gangguan/penyakit system
pernapasan yang tidak disebabkan oleh mikroorganisme
|
Siswa dapat menjelaskan 4 cara untuk mencegah
penyakit TBC
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi system ekskresi pada
manusia
|
Disajikan gambar penampang ginjal, siswa dapat bagian
dari ginjal yang berperan dalam proses pembentukan urine primer
|
Siswa dapat menjelaskaan 3 tahap pembentukan urun pada ginjal secara
berurutan
|
Disajikan beberapa fungsi organ ekskresi, siswa
dapat mengidentifikasi fungsi kulit
|
Disajikan tabel
alat ekskresi dan zat yang dikeluarkan, siswa dapat menentukan
hubungan antara alat ekskresi dan zat sisa yang dikeluarkan dengan benar
|
Disajikan beberapa fungsi organ tubuh, siswa
dapatmenunjukkan kelompok fungsi hati
|
Disajikan gejala yang diderita seseorang, siswa
dapat menganaisa jenis gangguan/penyakit pada ginjal
|
Sioswa dapat menunjukkan usaha yang dapat dilakukan
manusia untuk menjaga kesehatan ginjal
|
Disajikan
gambar bandul, siswa dapat menghitung frekuensi dan amplitude ayunan jika
lama ayunan dan jarak diketahui
|
Disajikan gambar gelombang transfersal, siswa dapat
menghitung frekuensi gelombang jika kecepatan merambat gelombang diketahui
|
Disajikan peristiwa yang berhubungan dengan bunyi,
siswa dapat menganalisis eristiwa yang merupakan pemanfaatan bunyi
|
Melalui rumus d
= V.t/2, siswa dapat menghitung jarak dua buah tempat jika cepat rambat
bunyi di udara dan waktu bunyi pantul diketahui
|
Disajikan struktur yang terdapat dalam telinga
manusia, siswa dapat mengurutkan jalannya getaran bunyi sehingga bunyi dapat
didengar
|
Siswa dapat menunjukkan batas frekuensi pendengaaran
manusia
|
Melalui percobaan pemapatan dan perenggangan
pegas/slinki, siswa dapat mengidentifikasi jenis gelombang yang terbentuk
dari percobaan tersebut
|
Siswa dapat menentukan salah satu manfaat golombang
dalam teknologi untuk memecah endapan batu pada penderita batu ginjal
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat
menunjukkan kelompok sifaat cahaya dengan benar
|
Disajikan gambar sebuah benda berada di depan cermin
datar dengan tinggi dan jarak tertentu, siswa dapat menentukan tinggi
bayangan dan jarak bayangan dari cermin
|
Melalui rumus 1/f = 1/so + 1/s1, siswa dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk
dari sebuah benda dengan jarak dan focus lensa tertentu
|
Disajikan gambar sebuah benda yang beada di depan
lensa cembung dengan jarak benda dan bayangan tertentu, siswa dapat
menghitung pembesaran bayangan yang terjadi
|
Melalui rumus P = 1/f, siswa dapat menghitung
kekuatan dan jenis lensa yang harus digunakan oleh seorang yang menderita
rabun dekat jika titik dekat mata diketahui
|
Disajikan gambar pembentukan bayangan pada mata,
siswa dapat menganalisis caacat mata dan lensa kacamata yang digunakan untuk
memperbaiki bayangan benda
|
Disajikan beberapa hewan, siswa dapat menentukan
kelompok hewan yang mempunyai kemampuan menerima gelombang ultrasonik
|
Melalui pengamatan sebuah objek menggunakan lup
dengan mata berakomodasi maksimal, siswa dapat menganalisa posisi objek
dengan benar
|
Melalui rumus Mtolal = Mob . Mok pada mikroskop, siswa dapat menghitunh pembesaran total yang
dihasilkan mikroskop
|
Disajikan sifat-sifat bayangan benda, siswa dapat
menunjukkan kelompok sifat bayangan yang dibentuk sebuah kamera
|
Melalui rumus d
= fob +4fp + fok, siswa dapat menghitung focus lensa pembalik tada
teropong jika focus objek, focus lensa okuler dan panjang teropong diketahui
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 8 2018"