KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA KELAS 7 2018
Siswa dapat menunjukkan bagian dari sel hewan dan sel
tumbuhan yang berfungsi sebagai pusat pengaturan seluruh aktifitas sel
|
Disajikan tabel ciri bagian dari sel hewan dan
tumbuhan, siswa dapat menunjukkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
|
Disajikan ciri-ciri jaringan tumbuhan, siswa dapat
menganalisa jenis jaringan tumbuhan dengan ciri tersebut
|
Disajikan gambar penampang batang tumbuhan, siswa
dapat menyebutkan dan menjelaskan fungsi 5 bagian penampang batang tersebut
|
Disajikan organ0organ manusia, siswa dapat
menyebutkan kelompok organ-organ yang menyusun system pernapasan
|
Disajikan gambar bunga, Siswa dapat mengidentifikasi
organ tumbuhan yang berfungsi sebagai alat reproduksi pada tumbuhan
|
Disajikan bagian-bagian dari organisasi kehidupan,
siswa dapat mengurutkan organisasi kehidupan dari yang sederhana dengan benar
|
Disajikan ciri-ciri suatu organisme, siswa dapat
mengidentifikasi jenis organisme dengan ciri tersebut
|
Disajikan gambar akuarium, siswa dapat menunjukkan
kelompok komponen abiotic dalam akuarium tersebut.
|
Disajikan beberapa interaksi, siswa dapat menentukan
kelompok interaksi komponen biotik dan komponen abiotik
|
Disajikan bagan jarring-jaring makanan, siswa dapat
menganalisis akibat yang terjadi jika salah satu makhluk hidup pada rangkaian
tersebut mengalami penurutan populasi
|
Disajikan
ekosistem kebun, siswa dapat menentukan suatu ekosistem yang merupakan
pupulasi
|
Disajikan gambar piramida makanan, siswa dapat menentukan
posisi konsumen pada piramida tersebut
|
Disajikan beberapa kehidupan bersama organisme,
siswa dapat menunjukkan simbiosis komensalisme
|
Siswa dapat menjelaskan hubungan simbiosis
mutualisme pada hewan herbivore dengan bakteri penghasil enzim selulose
|
Siswa dapat menunjukkan usaha yang dapat dilakukan
manusia untuk menjaga pupulasi gajah Way Kambas Lampungyang mengalami
penurunan akibat kerusakan hutan
|
Siswa dapat menjelaskan dampak negative pencemaran alam
jika terjadi proses eutrofikasi di daerah rawa
|
Siswa dapat menjelaskan dampak dari pembuangan
limbah detergen ke sungai
|
Siswa dapat menyebutkan 4 dampak pencemaran air
limbah domestic maupun nondomestik
|
Siswa dapat menjelaskan dapak yang timbul akibat
penggunaan gas CFC pada kulkas, hair spray dan AC
|
Disajikan beberapa polutan, siswa dapat menunjukkan
polutan udara yang dapat menimbukkan hujan asam
|
Siswa dapat menunjukkan usaha yang dapat dilakukan
manusia untuk mengatasi terjadinya pencemaran tanah oleh sampah plastik
|
Siswa dapat menjelaskan alasan penanaman ladang
secara rotasi dengan tanaman kacang-kacangan dalam usaha menjaga kesuburan
tanah
|
Disajikan beberapa jenis penyakit, siswa dapat
menunjukkan kelompok penyakit yang berkaitan erat dengan pembuangan sampah
sebarangan danterbuka
|
Siswa dapat keuntungan yang ditimbulkan oleh efek
rumah kaca dengan benar
|
Disajikan beberapa jenis gas, siswa dapat
menunjukkan kelompok gas rumah kaca
|
Siswa dapat menentukan gas rumah kaca yang berperan
besar sebagai penyebab timbulnya pemanasan global
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri dampak pemanasan
global bagi ekosistem (timbulnya El
Nino) dengan bebar
|
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan 5 dampak
dari pemanasan global dengan benar
|
Siswa dapat menentukan usaha yang dapat dilakukan
manusia untuk mencegah bertambahnya cakbon dioksida di atmosfer
|
Disajikan beberapa jenis gas, siswa dapat
menunjukkan gas terbesar penyusun atmosfer bumi dengan benar
|
Disajikan beberapa lapisan atmosfer, siswa dapat
mengurutkan lapisan atmosfer dari yang terdekat dengan bumi
|
Siswa dapat menunjukkan fungsi lapisan ozon pada
atmosfer bagi bumi dengan benar
|
Disajikan lapisan-lapisan litosfer, siswa dapat
meengurutkan lapisan litorsfer dari daam hingga permukaan bumi
|
Siswa dapat menunjukkan gempa bumi yang berakibat
pada terjadinya Tsunami
|
Siswa dapat menunjukkan jenis awan yang memungkinkan
terjadinya hujan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian tatasurya dan
menyebutkan enam anggota tatasurya
|
Siswa dapat menunjukkan aktivitas matahari yang
dapat menimbulkan Aurora di bumi
|
Disajikan lapisan-lapisan matahari, siswa dapat
mengurutkan lapisan matahari dari paling luar ke dalam
|
Disajikan beberapa planet, siswa dapat menunjukkan
kelompok planet-planet dalam pada tatasurya
|
Disajikan pernyataan mengenai benda langit, siswa
dapat menganalisa ciri-ciri komet
|
Disajikan ciri-ciri planet, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri dari planet Mars
|
Disajikan beberapa fenomena alam berkaitan dengan
bumi, siswa dapat menganalisa fenomena alam yang diakibatkan oleh rotasi bumi
|
Disajikan gambar kedudukan matahari, bumi dan bulan,
siswa dapat menunjukkan kedudukan
bulan yang menyebabkan permukaan air laut di bumi mengalami pasang
maksimal
|
Siswa dapat menjelaskan dengan skema peristiwa
gerhana bulan dan gerhana matahari
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA GENAP KELAS 7 2018"