KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 7 2018
1.
Peserta didik dapat menyebutkan
definisi dari kelangkaan
|
2.
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis
kebutuhan manusia menurut intensitasnya atau tingkatannya yang disertai
dengan contohnya
|
3.
Disajikan tabel,
peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis barang yang termasuk kedalam kebutuhan Sekunder
|
4.
Peserta didik dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kebutuhan
|
5.
Disajikan sebuah tabel,
peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis-jenis barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan
menurut hubungannya dengan barang lain
|
6.
Peserta didik dapat
membedakan macam-macam motif ekonomi
|
7.
Peserta didik dapat menjelaskan
bentuk-bentuk penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi.
|
8.
Disajikan gambar, peserta
didik
dapat mengidentifikasi jenis kegiatan distribusi
|
9.
Peserta didik dapat
menjelaskan faktor-faktor produksi baik faktor produksi asli dan faktor
produksi turunan disertai contohnya
|
10. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat membedakan
jenis-jenis tenaga kerja dalam faktor produksi
|
11. Peserta didik
dapat mengidentifikasi nilai guna barang
|
12. Disajikan sebuah skema distribusi, peserta didik dapat membedakan
macam-macam distribusi barang
|
13. Peserta didik
dapat membuat rencana anggaran sederhana pengeluaran bulanan satu keluarga
dengan memperhatikan skala prioritas
|
14. Disajikan
sebuah tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis konsumsi yang dilakukan
rumah tangga keluarga
|
15. Disajikan sebuah kurva, peserta didik dapat menunjukan
maksud kurva dalam hukum permintaan dan penawaran
|
16.
Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis permintaan berdasarkan daya beli
|
17.
Peserta didik dapat menjelaskan
bunyi hukum penawaran
|
18. Peserta didik
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
|
19. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian dari pasar.
|
20. Peserta didik
dapat menjelaskan tentang fungsi pasar
|
21. Peserta didik
mengidentifikasi dampakIptek terhadap kehidupan
|
22. Peserta didik
dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia yang memiliki jiwa wirausaha
|
23. Peserta didik
dapat mengidentifikasi penyebab kelangkaan dalam ilmu ekonomi
|
24. Peserta didik dapat menjelaskan istilah manusia masa Aksara
|
25. Disajikan tabel periodisasi perkembangan bumi secara geologis, peserta
didik dapat menentukan ciri salah satu periodisasi perkembangan bumi secara
geologis
|
26. Disajikan gambar peninggalan manusia pra aksara, peserta didik dapat mengidentifikasi
contoh gambar yang sesuai dengan periodisasi secara arkeologis
|
27. Peserta didik
dapat menyebutkan istilah salah satu jenis peninggalan manusia berupa
peti kubur dari batu
|
28. Peserta didik
dapat menjelaskan kehidupan sosial pada masa berburu dan mengumpulkan
makanan
|
29. Disajikan
gambar, peserta didik
menunjukan peralatan yang digunakan pada masa bercocok tanam
|
30. Peserta didik
dapat menyebutkan berbagai nilai-nilai budaya yang berkembang pada masa
manusia pra aksara
|
31. Peserta didik
dapat menyebutkan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
|
32. Peserta didik
dapat menjelaskan berbagai pendapat masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke
Indonesia
|
33. Peserta didik
dapat menjelaskan pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat
Indonesia
|
34. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan
Hindu di Indonesia
|
35. Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan hindu tertua di pulau jawa
|
36. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan sejarah bercorak Buddha
|
37. Peserta didik
dapat menjelaskan pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia
|
38. Peserta didik
dapat menjelaskan pengaruh masuknya Islam terhadap masyarakat di
Indonesia
|
39. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan peninggalan sejarah
bercorak Islam di Indonesia
|
40. Peserta didik
dapat menjelaskan alasan-alasan kerajaan atau kesultanan yang umumnya
mendirikan kerajaan di daerah pesisir pantai atau dekat sungai
|
41. Peserta didik
dapat menyebutkan peninggalan sejarah bercorak islam dalam bidang
kesusastraan di Indonesia
|
42. Peserta didik dapat menjelaskan alasan Islam
mudah diterima oleh masyarakat Indonesia
|
43. Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan
Islam tertua di Indonesia
|
44. Disajikan sebuah tabel, peserta didik
dapat mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam
yang ada di Indonesia
|
45. Peserta didik
dapat menunjukan bukti penyebaran islam di
Indonesia di mulai pada abad ke 7 masehi
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 7 2018"