KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 8 2018
1.
Peserta
didik dapat menyebutkan keunggulan dan
keterbatasan antar ruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi
|
2.
Peserta
didik dapat menjelaskan bagaimana
upaya meningkatkan potensi kemaritiman di Indonesia.
|
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan tentang kewirausahaan
sebagai bagian dari faktor produksi
|
4.
Peserta
didik dapat menjelaskan bagimana asal
mula terjadinya perdagangan antar wilayah di Indonesia sebagai bentuk
interaksi antar ruang
|
5.
Peserta
didik dapat menidentifikasi
macam-macam pelaku ekonomi
|
6.
Peserta
didik dapat menjelaskan peran pelaku
ekonomi rumah tangga keluarga/ rumah tangga konsumen
|
7.
Disajikan
gambar, peserta didik
dapat membedakan faktor produksi modal dan faktor
produksi lainnya
|
8.
Peserta
didik dapat membedakan antara faktor
produksi tenaga kerja dan faktor produksi kewirausahaan/ skills
|
9.
Peserta
didik dapat mengidentifikasi kelompok
pelaku ekonomi rumah tangga perusahaan/ rumah tangga produsen
|
10. Peserta didik
dapat menggambarkan skema hubungan pelaku ekonomi
dua sektor antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dan
menjelaskannnya
|
11. Peserta didik
dapat menyebutkan peran rumah tangga pemerintah
sebagai pengatur atau regulator dalam perekonomian
|
12. Peserta didik
dapat menjelaskan faktor-faktor yang mendorong
terjadinya perdagangan antar pulau
|
13. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari
perdagangan antar pulau yang dilakukan masyarakat
|
14. Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi ruang lingkup perdagangan
antar negara
|
15. Peserta didik
dapat menyebutkan berbagai kebijakan pemerintah
dalam mendorong kegiatan ekspor
|
16. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang
mendorong ekspor
|
17. Peserta didik
dapat menyebutkan berbagai manfaat perdagangan
antar negara
|
18. Peserta didik
dapat menjelaskan perbedaan antara perdagangan
antar pulau dengan perdagangan antar negara
|
19. Peserta didik
dapat menyebutkan daerah-daerah yang
memiliki keindahan bawah laut di Indonesia
|
20. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan
pembangunan di bidang kelautan
|
21. Diasjikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai
produk agrikultur di lingkungan wilayah sekitar
|
22. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat megidentifikasi berbagai hambatan pengembangan agrikultur di Indonesia
|
23. Peserta didik dapat menyebutkan strategi
yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia
|
24. Peserta didik dapat menjelaskan program
subsidi yang dilakukan pemerintah
|
25. Pesesrta didik dapat menyebutkan
alasan-alasan usaha-usaha kecil dan menengah untuk dikembangkan
|
26. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan alasan
bangsa-bangsa barat datang ke Indonesia
|
27. Peserta didik
dapat menyebutkan semboyan atau motivasi
bangsa-bangsa eropa datang ke Indonesia
|
28. Peserta didik
dapat menyebutkan pimpinan ekspedisi
penjelajahan samudra dari Portugis
|
29. Peserta didik
dapat menjelaskan strategi VOC untuk berkuasa di
bumi nusantara
|
30. Peserta didik
dapat menjelaskan istilah monopoli yang dilakukan
penjajah Belanda terhadap komoditas yang dihasilkan rakyat
|
31. Disajikan gambar/peta, peserta didik dapat menyebutkan kebijakan
Benlanda dalam pembuatan jalan dari anyer sampai panarukan
|
32. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi sistem sewa tanah atau landrent-system
|
33. Peserta didik
dapat menjelaskan akibat sistem tanam paksa
terhadap kondisi rakyat Indonesia
|
34. Peserta didik
dapat menjelaskan perlawanan rakyat maluku utara
terhadap penjajahan portugis
|
35. Peserta didik
dapat menyebutkan pemimpin perlawanan rakyat
makasar terhadap penjajahan Belanda
|
36. Peserta didik
dapat menyebutkan isi perjanjian bongaya yang
memberatkan rakyat Makasar
|
37. Peserta didik dapat menjelaskan alasan
terjadinya perang paderi di wilayah minangkabau
|
38. Peserta didik
dapat menjelaskan alasan khusus pangeran
diponogoro mengadakan perlawanan terhadap Belanda
|
39. Peserta didik
dapat menuliskan kembali teks sumpah pemuda yang
diikrarkan tanggal 28 Oktober 1928
|
40. Peserta didik dapat menyebutkan alasan
munculnya rasa nasionalisme rakyat Indonesia
|
41. Peserta didik dapat menyebutkan alasan
kegagalan berbagai perlawanan terhadap pemerintah Belanda
|
42. Peserta didik dapat menyebutkan organisasi
pergerakan nasional pertama yang melawan Belanda
|
43. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menyebutkan manifesto arah perjuangan yang disampaikan Organisasi
Perhimpunan Indonesia
|
44. Disajikan bebebrapa pernyataan, peserta
didik dapat mengidentifikasi berbagai perubahan masyarakat pada masa
penjajahan Belanda
|
45. Peserta didik dapat mengidentifikasi
perbahan masyarakat bidang pendidikan pada masa penjajahan Jepang
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 8 2018"