ads
ads

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 8 2018

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 8 2018



1.        Peserta didik dapat menyebutkan keunggulan dan keterbatasan antar ruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi
2.        Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana upaya meningkatkan potensi kemaritiman di Indonesia.
3.        Peserta didik dapat menjelaskan tentang kewirausahaan sebagai bagian dari faktor produksi
4.        Peserta didik dapat menjelaskan bagimana asal mula terjadinya perdagangan antar wilayah di Indonesia sebagai bentuk interaksi antar ruang
5.        Peserta didik dapat menidentifikasi macam-macam pelaku ekonomi
6.        Peserta didik dapat menjelaskan peran pelaku ekonomi rumah tangga keluarga/ rumah tangga konsumen
7.        Disajikan gambar, peserta didik dapat membedakan faktor produksi modal dan faktor produksi lainnya
8.        Peserta didik dapat membedakan antara faktor produksi tenaga kerja dan faktor produksi kewirausahaan/ skills
9.        Peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok pelaku ekonomi rumah tangga perusahaan/ rumah tangga produsen
10.    Peserta didik dapat menggambarkan skema hubungan pelaku ekonomi dua sektor antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dan menjelaskannnya
11.    Peserta didik dapat menyebutkan peran rumah tangga pemerintah sebagai pengatur atau regulator dalam perekonomian
12.    Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar pulau
13.    Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari perdagangan antar pulau yang dilakukan masyarakat
14.    Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi ruang lingkup perdagangan antar negara
15.    Peserta didik dapat menyebutkan berbagai kebijakan pemerintah dalam mendorong kegiatan ekspor
16.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendorong ekspor
17.    Peserta didik dapat menyebutkan berbagai manfaat perdagangan antar negara
18.    Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara perdagangan antar pulau dengan perdagangan antar negara
19.    Peserta didik dapat menyebutkan daerah-daerah yang memiliki keindahan bawah laut di Indonesia
20.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan pembangunan di bidang kelautan
21.    Diasjikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai produk agrikultur di lingkungan wilayah sekitar
22.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat megidentifikasi berbagai hambatan pengembangan agrikultur di Indonesia
23.    Peserta didik dapat menyebutkan strategi yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia
24.    Peserta didik dapat menjelaskan program subsidi yang dilakukan pemerintah
25.    Pesesrta didik dapat menyebutkan alasan-alasan usaha-usaha kecil dan menengah untuk dikembangkan
26.    Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan alasan bangsa-bangsa barat datang ke Indonesia
27.    Peserta didik dapat menyebutkan semboyan atau motivasi bangsa-bangsa eropa datang ke Indonesia
28.    Peserta didik dapat menyebutkan pimpinan ekspedisi penjelajahan samudra dari Portugis
29.    Peserta didik dapat menjelaskan strategi VOC untuk berkuasa di bumi nusantara
30.    Peserta didik dapat menjelaskan istilah monopoli yang dilakukan penjajah Belanda terhadap komoditas yang dihasilkan rakyat 
31.    Disajikan gambar/peta, peserta didik dapat menyebutkan kebijakan Benlanda dalam pembuatan jalan dari anyer sampai panarukan
32.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi sistem sewa tanah atau landrent-system
33.    Peserta didik dapat menjelaskan akibat sistem tanam paksa terhadap kondisi rakyat Indonesia
34.    Peserta didik dapat menjelaskan perlawanan rakyat maluku utara terhadap penjajahan portugis
35.    Peserta didik dapat menyebutkan pemimpin perlawanan rakyat makasar terhadap penjajahan Belanda
36.    Peserta didik dapat menyebutkan isi perjanjian bongaya yang memberatkan rakyat Makasar
37.    Peserta didik dapat menjelaskan alasan terjadinya perang paderi di wilayah minangkabau
38.    Peserta didik dapat menjelaskan alasan khusus pangeran diponogoro mengadakan perlawanan terhadap Belanda
39.    Peserta didik dapat menuliskan kembali teks sumpah pemuda yang diikrarkan tanggal 28 Oktober 1928
40.    Peserta didik dapat menyebutkan alasan munculnya rasa nasionalisme rakyat Indonesia
41.    Peserta didik dapat menyebutkan alasan kegagalan berbagai perlawanan terhadap pemerintah Belanda
42.    Peserta didik dapat menyebutkan organisasi pergerakan nasional pertama yang melawan Belanda
43.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan manifesto arah perjuangan yang disampaikan Organisasi Perhimpunan Indonesia
44.    Disajikan bebebrapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai perubahan masyarakat pada masa penjajahan Belanda
45.    Peserta didik dapat mengidentifikasi perbahan masyarakat bidang pendidikan pada masa penjajahan Jepang
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPS GENAP KELAS 8 2018"

Back To Top