ads
ads

Pelaksanaan Tugas Dosen dalam Mengajar



Untuk       memantapkan pengembangan proses belajar mengajar, maka setiap dosen asisten dosen pada Fakultas Tarbiyah, diharapkan dapat melaksanakan tata tertib sebagai berikut :
1.        Sebelum memasuki ruang perkuliahan, setiap dosen atau asisten terlebih dahulu harus :
a.    Mencek dan mempersiapkan daftar kehadiran mahasiswa
b.    Mengisi blanko satuan acara perkuliahan yang telah disediakan oleh Fakultas di ruang dosen.
c. Mengidentifikasi dan menyeleksi bagian tugas bagi mahasiswa sebagai realisasi pengembangan kokurikuler dari perkuliahan yang disajikan pada hari itu
d.   Mencek hasil kerja asisten kalau ada pekerjaan mahasiswa yang ditugaskan seminggu sebeluamya untuk dikembalikan kepada mahasiswa yang bersangkutan
e.    Bersama‑sama dengan asisten dosen mencek dan menelaah software dan hardware yang harus di bawa keruang perkuliahan
f.   Introspeksi diri mengenai pemenuhan persiapan pisik sebelum mengajar sehingga selain kesehatan setiap dosen/ asisten harus berpakaian rapih, dengan catatan :
1)   Bagi laki‑laki memakai stelan safari atau kemeja berdasi, bersepatu dan tidak memakai celana jean
2)      Bagi perempuan memakai pakaian resmi sopan, berjilbab, bersepatu dan tidak memakai kulot.
2.        Menjelang dan sewaktu proses belajar mengajar berlangsung setiap dosen/ asisten harus mempertimbangkan :
a.  Lima menit atau paling lambat setelah pertemuan dimulai, setiap dosen / asisten harus sudah siap di ruang perkuliahan
b.  Setiap dosen/ asisten melegalisasi kehadiran keterlambatan mahasiswa paling lambat lima belas menit setelah jam perkuliahan dimulai. Setelah itu pintu ruang kuliah dikunci, sehingga tidak terjadi keluar masuk ruangan sementara perkuliahan sedang berlangsung,
c.  Khusus untuk pertemuan pada setiap semester perkuliahan, dosen/ asisten membahas tata tertib dan kode etik perkuliahan sesuai aturan yang berlaku. Hal itu dimaksudkan agar terjadi kesatuan persepsi antara dosen/ asisten dan mahasiswa dalam mengembangkan kelancaran dan disiplin perkuliahan dan pembagian tugas bagi mahasiswa
d. Sebelum perkuliahan dimulai semua kartu hadir mahasiswa harus sudah diinventarisasi untuk diparaf dan diserahkan kembali setelah perkuliahan selesai.
e.  Apabila ada di awal atau diakhir perkuliahan, dosen atau asisten menyerahkan pekerjaan mahasiswa yang telah diperiksa.
f.   Dalam upaya pembelajaran mahasiswa bagi mata kuliah yang dapat didiskusikan maka bobot 2 SKS yang memerlukan waktu 100 menit setiap tatap mukanya diatur sebagai berikut :
1)        Harus ada kelompok penyaji yang terdiri paling banyak 4 orang mereka mempersiapkan makalah yang membahas satu pokok bahasan sesuai yang ditentukan oleh dosen/ asisten ysb. Makalah mengembangkan pembahasan tentang latar belakang kira‑kira satu sampai dua. halaman, pembahasan inti kira­-kira delapan sampai sepuluh halaman, dan kesimpulan kira‑kira satu sampai dua halaman, serta mencantunkm daftar pustaka pada akhir makalah.
2)        Makalah diabstraksikan oleh kelompok penyaji antara 10 sampai 15 menit
3)   Setelah mengabstralsikan selesai, mahasiswa diberi kesempatan bertanya kalau perlu sebanyak‑banyaknya dalarn rangka:
a)        Mengembangkan kreativitas berpikir mahasiswa
b)        Menghidupkan suasana diskusi
c)    Menginventarisasi pemberian nilai kegiatan mandiri bagi mahasiswa ybs oleh dosen / asisten mata kuliah tersebut
4)     Berdasarkan pertanyaan‑pedanyasn yang diajukan oleh mahasiswa yang hadir pada waktu itu, kelompok mahasiswa penyaji menjawab secara bergiliran sesuai dengan kemampuan masing‑masing, kegiatan tanya jawab ini berlangsung antara 45 sampai 55 menit
5)        Apabila batas waktu maksimal belum habis, sedangkan semua pertanyaan sudah selesai di jawab, Dosen / asisten dapat meminta untuk membuka termin pertanyaan yang kedua
6)    Mahasiswa kira‑kira 30 sampai 40 menit terakhir digunakan oleh dosen untuk menjelaskan seluruh permasalahan yeng dihadapi oleh mahasiswa, baik dengan cara ceramah, tanya jawab, drill, atau pemberian tugas tambahan agar mahasiswa benar‑benar menguasai permasalahan yang dihadapi.
g.  Selama mahasiswa mengabstraksikan makalah yang mendiskusikan makalah, maka dosen/ asisten berkewajiban :
1)        Memaraf semua kartu hadir mahasiswa
2)        Memonitor setnua aktivitas mahasiswa baik yang bertanya, menyanggah maupun yang menjawab pertanyaan‑pertanyaan dan mengadmistrasikan ke dalam dalam daftar hadir mahasiswa yang dibawa oleh dosen/ asisten sebagai bagian dari bahan evaluasi dosen / asisten tersebut.
3)   Menginventarisasi pertanyaan ‑ pertanyaan mahasiswa ang perlu dikomentari, didiskusikan lebih lanjut atau dijadikan dasar untuk pengembangan ko‑kurikuler
h.  Bagi mata kuliah yang lebih banyak menuntut drill atau latihan‑latihan tertentu, semisal bahasa Inggris, Statistik, Fiqh Mawarits d1l, maka pembelajaran mahasiswa seyogyanya diusahakan melalui fase‑fase :
1)      Dosen/ asisten memberikan penjelasan umum terlebih dahulu, baik dengm cara ceramah maupun tanya jawab dengan mahasiswa mengenai pokok masalah yang dibahasnya untuk jagka waktu paling lama 15 menit.
2)      Dosen atau asisten mendrill setiap mahasiswa secara merata berdasarkan contoh‑contoh kalimat atau masalah yong sesuai.
3)      Dosen/ asisten memberikan bahan‑bahan latihan yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa secara mandiri sambil dikontrol oleh dosen / asisten tersebut
4)      Dosen/ asisten memberikan kesempatan sebagian atau sebanyak mungkin mahasiswa untuk tampil di depan kelas, baik untuk mempraktekan pembicaraan atau menuliskan hasil pekerjaannya dipapan tulis .
5)      Kegiatan nomor 2, 3, den 4 diatas hams disesuaikan dengan pekerjaan waktu antara 60 sampai 70 menit.
6)      Pada bagian akhir antara 10 sampai 20 menit dosen / asisten mencek ulang kemampuan mahasiswa dan sekaligus mendistribusikan tugas ko‑kulikuler :
i.    Agar tidak mengganti jam kuliah bagi dosen/ asisten yang lain, maka perkuliahan harus diselesaikan tepat pada waktunya.
j.    Dari 18 minggu yang disediakan setiap dosen asisten wajib menyelenggarakan perkuliahan tatap muka terjadwal sebanyak 16 kali pertemuan
3.        Sesudah proges belajar mengajar berlangsung, setiap dosen/ asisten harus mengusahakan :
a.       Untuk mengingatkan mahasiswa tentang tugas ko‑kurikuler dan rencana pertemuan berikutnya.
b.      Menginventarisasi nilai kegiatan mahasiswa seagai bahan pertimbangan nilai akhir yang bersangkutan
c.       Menginventarisasi nilai kegiatan mahasiswa sebagai bahan pertimbangan nilai akhir semester ybs
d.      Mengidentifikasi pertanyaan‑pertanyaan untuk diakumulasikan ke dalam bentuk alat ukur ujian tengah akhir semester dan menyerahkannya. ke Fakultas untuk digandakan.
e.       Pada dasarnya setiap dosen/ asisten tentu untuk mengawasi sendiri pelaksanaan ujian dari mata kuliah yang diujikan. Apabila teryata kelas yang harus diawasinya lebih banyak, maka dosen/ asisten ysb, dapat meminta. bantuan Fakultas untuk memberikan tenaga pengawas.
f.       Selambat‑lambatnya seminggu setelah mata kuliah diujikan dosen/ asisten harus menyerahkan rekap nilai mahasiswa, yang diasuhnya kepada sekretariat Fakultas untuk diumumkan.

0 Komentar untuk " Pelaksanaan Tugas Dosen dalam Mengajar"

Back To Top