ads
ads

Pendekatan Filsafat Terhadap Hakikat Manusia



Pertanyaan filsafat mengenai manusia adalah apakah manusia itu (What Is Man)? Pendekatan filsafat terhadap manusia pada pokoknya dapat dibagi menjadi dua macam aliran, yaitu : pendekatan antroposentris, dan pendekatan alam sentris.
Pendekatan antroposentris memandang bahwa manusia ini makhluk yang paling menentukan  di dunia ini. Manusia itu menghadapi alam, karena manusia dan alam berbeda secara fundamental. Demikianlah manusia harus menundukan alam dan memeliharanya selaras dengan hukum alam, sehingga alam terpelihara dan memberikan kesejahteraan bagi hidup manusia. Dengan kemampuan berpikir, manusia dapat menguasai alam dengan penuh kearifan.
Pendekatan alam sentris memandang bahwa alamlah yang menentukan apapun di dunia ini. Manusia hendaknya menyesuaikan diri dengan alam., hiduplah harmonis dengan alam, karena manusia sebenarnya sebagian dari alam itu. Manusia itu tidak berbeda secara hakiki dengan alam. Manusia dengan alam sama.
Filsafat pendidikan modern pada umumnya menganut pendekatan antroposentris, karena pendekatan demikian memberikan idealisme  kepada praktek dan teori pendidikan ke arah kemajuan dan kehidupan pada tingkat yang lebih tinggi. Pandangan tersebut mengakui manusia sebagai makhluk yang mulia,. Anjurannya untuk menguasai alam itu memberikan dorongan untuk memperbaiki dan memajukan dunia ini. Dengan sikap filsafi yang demikian, maka berkembanglah ilmu teknologi dan industri.
0 Komentar untuk "Pendekatan Filsafat Terhadap Hakikat Manusia"

Back To Top