ads
ads

Sistem Perkuliahan di IAILM Suryalaya


A.        Beban Mata Kuliah

Beban studi untuk program, S-I adalah 144 -160 sks. Ia diberikan dalam jangka waktu delapan semester (4 tahun) dan harus diselesaikan paling lambat empat belas semester (7 tahun)  termasuk penulisan skripsi.
Beban studi program S-1 untuk setiap semester berkisar antara 12-24 sks dan untuk semester pertama maksimal 24 sks. Untuk semester kedua dan selanjutnya ditentukan berdasarkan IP (indek prestasi) yang diperoleh mahasiswa pada semester sebelumnya dengan ketentuan sebagai berikut:
Mahasiswa yang memiliki IP              3.00 – 4.00 maksimal 24 sks
                                                            2.00 - 2.99 maksimal 20 sks
                                                            1.00 - 1.99 maksimal 16 sks
Bagi mahasiwa yang sudah menyelesaikan 75 % perkuliahannya diperbolehkan mengikuti KKN dan mengajukan Usulan Penelitian (UP). Mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh program studinya diperbolehkan mengikuti ujian komprehensif dan ujian munaqasah.

B.         Bobot Kredit

Setiap mata kuliah memiliki bobot kredit dengan harga Satuan Kredit Semester (SKS). Besarnya SKS untuk setiap mata kuliah berbeda satu sama lain. Harga (bobot) perkuliahan satuan SKS adalah:
a.       Tatap muka di kelas secara terjadwal adalah 50 menit
b.      Tugas akademik terstruktur adalah tugas yang diberikan oleh dosen dengan alokasi waktu selama 60 menit.
c.      Tugas Akademik Mandiri yang merupakan inisiatif mahasiswa sendiri adalah 60 menit
Jadi jumlah satuan waktu:       1 sks = 170 menit
                                                            2 sks = 340 menit
                                                            3 sks = 510 menit
C.        Proses Perkuliahan

1.          Program penyampaian mata kuliah disajikan selama lima bulan atau 20 minggu dengan rincian: 16 minggu penyampaian mata kuliah, 2 minggu ujian akhir semester, 1 minggu ujian tengah  semester, dan 1 minggu masa tekun.
2.          Perkuliahan dilakukan dengan cara tatap muka, pemberian tugas terstruktur, dan penyelesaian tugas mandiri oleh mahasiswa. Alokasi waktu perkuliahan disesuaikan dengan bobot SKS setiap mata kuliah. Misalnya mata kuliah Filsafat Hukum Islam yang bobot kreditnya 3 sks, maka:
Tata muka                       : 3 x 50 menit = 150 menit/minggu   
Tugas Terstruktur             : 3 x 60 menit = 180 menit/minggu
Tugas Mandiri                 : 3 x 60 menit = 180 menit/minggu
Jumlah seluruhnya                                   510 menit/minggu
Waktu yang dibutuhkan oleh mata kuliah Filsafat Hukum Islam dalam satu semester adalah 20 minggu x 510 menit = 10.200 menit

Seluruh kurikulum yang ada pada Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah IAILM PP. Suryalaya Tasikmalaya ditunjang dengan silabi atau Garis Besar Penduan Penagajaran (GBPP), Satuan Acara Perkuliahan (SAP), yang disesuaikan dengan kurikulum nasional dan dikembangan  sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini. Perkuliahan dilaksanakan minimal 12 (dua belas) kali tatap muka dan maksimal 16 (enam belas ) kali tatap muka dalam satu semester dengan  1 (satu) kali ujian tengan semester (UTS) dan 1 (satu) kali Ujina Akhir Semester (UAS). Kehadiran mahasiawa yang wajib ditaati untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester adalah 75 % dari total pertemuan/tatap muka.
Penilaian akhir yang diberikan meliputi komponen kehadiran, tugas-tugas, Ujian engah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) yang kesemuanya itu mempunyai tingkat kepentingan yang disesuaikan dengan kebijakan dosen yang bersangkutan. Semua nilai pada komponen di atas harus diberikan secara transparan untuk menghindari penilaian yang tidak objektif dan ketidakpuasan mahasiswa. Penilaian akhir yang ditulis dalam huruf mutu harus mengikuti acuan pokok yang ada pada Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah IAILM PP. Suryalaya Tasikmalaya agar terdapat keseragaman standar nilai seperti yang diuraikan berikut ini :
Nilai    A         untuk total nilai 80,00 – 100
Nilai    B         unutk total nilai 70,00 – 79,99
Nilai    C         untuk total nilai 60,00 – 69,99
Nilai    D         untuk total nilai 40,00 – 59,99
Nilai    E          untuk total nilai < 39,99

0 Komentar untuk "Sistem Perkuliahan di IAILM Suryalaya"

Back To Top