ads
ads

Perkara Yang pertama Dihisab..


Perkara pertama yang dihisab..

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rosululloh Shallallohu’alaihi Wasallam bersabda:

إنَّ أولَ ما يُحاسَبُ به العبدُ يومَ القيامةِ من عملِه صلاتُه ، فإن صَلُحَتْ فقد أَفْلَحَ وأَنْجَح ، وإن فَسَدَتْ فقد خاب وخَسِرَ ، فإن انْتَقَص من فريضتِه شيئًا ، قال الربُّ تبارك وتعالى : انْظُروا هل لعَبْدِي من تَطَوُّعٍ فيُكَمِّلُ بها ما انتَقَص من الفريضةِ ، ثم يكونُ سائرُ عملِه على ذلك

“Amalan pertama yang akan dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka ia akan beruntung dan selamat. Jika shalatnya rusak, maka ia akan merugi dan binasa. Jika ada shalat fardhunya yang kurang, maka Allah tabaraka wa ta’ala akan berkata: lihatlah apakah hamba-Ku ini memiliki amalan shalat sunnah? Kemudian disempurnakanlah yang kurang dari shalat fardhunya. Dan ini berlaku pada seluruh amalan lainnya”(HR. Imam At Tirmidzi no. 413).

Mungpung masih ada kesempatan, sepatutnya kita mengevaluasi shalat kita, meningkatkan kekhusuan ketika melakasakannya,  khusus pula sebelum dan sesudah melaksanakannya,  jagalah shalat kita, agar pahalanya tidak hilang dan tertanam di jiwa,  diwujudkan di keseharian hidup.
0 Komentar untuk "Perkara Yang pertama Dihisab.."

Back To Top