ads
ads

Keridhaan Allooh bagi Orang yang Beriman Adalah Segala-galanya

 



Keridhaan Allooh bagi Orang yang  Beriman Adalah Segala-galanya

 

عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ كَتَبَ مُعَاوِيَةُ إِلَى عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رضى الله عنها أَنِ اكْتُبِى إِلَىَّ كِتَابًا تُوصِينِى فِيهِ وَلاَ تُكْثِرِى عَلَىَّ. فَكَتَبَتْ عَائِشَةُ رضى الله عنها إِلَى مُعَاوِيَةَ سَلاَمٌ عَلَيْكَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ كَفَاهُ اللَّهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ وَمَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ وَكَلَهُ اللَّهُ إِلَى النَّاسِ »

 Dari seseorang penduduk Madinah, ia berkata bahwa Mu’awiyah pernah menuliskan surat pada Siti ‘Aisyah -Ummul Mukminin- rodhiyalloohu ‘anha, di mana ia berkata, “Tuliskanlah padaku suatu nasehat untukku dan jangan engkau perbanyak.” Siti ‘Aisyah rodhiyalloohu ‘anha pun menuliskan pada Mu’awiyah, “Salamun ‘alaikum (keselamatan semoga tercurahkan untukmu). Amma ba’du. Aku pernah mendengar Rosulullooh shollalloohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mencari ridho Allooh saat manusia tidak suka, maka Allooh akan cukupkan dia dari beban manusia. Barangsiapa yang mencari ridho manusia namun Allooh itu murka, maka Allooh akan biarkan dia bergantung pada manusia.” (HR. Imam Tirmidzi no. 2414 dan Imam Ibnu Hibban no. 276.)

Wajib takut pada Allooh dan mendahulukan ridho Allooh daripada ridho manusia.

Di antara rasa takut yang tercela adalah jika sampai rasa takut membuat seseorang lebih mendahulukan ridho manusia dalam keadaan membuat Allooh murka. Artinya yang ia cari asal manusia senang dan ridho dengan dirinya walau ketika itu melanggar aturan Allooh. Ia pun sudah tahu kalau itu salah. Rasa takut semacam ini juga mengurangi tauhid seseorang, di samping akan mendapatkan akibat buruk nantinya. Walau manusia awalnya suka, Allooh bisa membolak-balikkan hati mereka menjadi benci nantinya.

0 Komentar untuk "Keridhaan Allooh bagi Orang yang Beriman Adalah Segala-galanya"

Back To Top